Tutorial dan Tips Membuat Landing Page untuk Bisnis Online
Table of content:
Untuk Anda yang menggeluti bisnis online, landing page merupakan hal yang sebaiknya Anda miliki untuk melancarkan strategi online marketing Anda. Apalagi di era yang serba digital seperti ini, Anda akan mendapatkan keuntungan tersendiri apabila dapat mengelola landing page Anda. Karena itu, dalam pembahasan ini akan dijelaskan mengenai tutorial serta tips membuat landing page untuk bisnis online.
Secara pengertian, landing page merupakan sebuah halaman web statis, yang tujuan utamanya untuk memperoleh leads lewat langkah tertentu. Langkah tersebut dapat berupa satu page yang bersinergi dengan situs utama Anda, ataupun yang selalu terhubung sebagai sebuah bagian dari website. Goal utama dari adanya landing page bisa berbeda, tergantung pada jenis bisnis yang Anda geluti.
Baca juga : Wajib Dicoba! Inilah 3 Metode Internet Marketing Untuk Bisnis Anda
Tutorial serta Tips Membuat Landing Page Untuk Bisnis Online
Umumnya, fungsi landing page adalah untuk mengarahkan pengunjung untuk mendaftarkan akun, guna memperoleh uji coba gratis, berita mingguan, atau untuk menambahkan produk ke keranjang, dan juga wishlist serta sebagai CTA atau Call to Action.
Untuk melakukan pengelolaan landing page agar dapat berguna secara maksimal, tidak bisa sembarangan. Karena terdapat langkah-langkah yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu. Oleh karena itu, berikut ini adalah tutorial dan tips membuat landing page untuk bisnis online Anda:
1. Cara Membuat Landing Page Lewat WordPress
Untuk langkah-langkah membuat landing page sebenarnya terdapat beberapa cara yang dapat Anda gunakan. Salah satunya dengan WordPress. Pembuatan landing page dengan memanfaatkan WordPress sebenarnya tidak sulit. Apabila Anda mengikuti langkah-langkah dibawah ini:
- Lewat dashboard pada WordPress Anda, carilah pilihan bertuliskan Pages, lalu klik Add New. Disana, Anda dapat mengedit Homepage dengan lebih mudah.
- Pilih tombol Add Block yang ada di ujung kiri, di atas block editor. Kemudian tambahkan block di elemen desain landing page Anda – judul, tombol, teks cover.
- Langkah berikutnya, langsung saja tekan pilihan Publish. Setelah itu, kembali ke dashboard
- Berikutnya, cari pilihan Appearance, lalu pilihlah Customize. Setelah itu, tekan tulisan Homepage Settings, kemudian pilih A static page. Terakhir, pilihlah landing page untuk Homepage. Untuk tambahan, diharuskan untuk Anda, mempunyai sebuah halaman blog untuk mengupload postingan.
2. Tips Membuat Landing Page untuk Hasil yang Maksimal
Sebelum membuat landing page untuk bisnis Anda, sangat penting untuk mengatur perencanaannya terlebih dahulu. Karena perencanaan ini dapat berpengaruh pada tingkat keberhasilan bisnis yang Anda geluti. Karena itu, berikut ini adalah tips-tips membuat landing page untuk mendapatkan hasil secara maksimal:
A. Tentukan Dulu Tujuan Anda
Untuk langkah pertama, melakukan penentuan tujuan dengan jelas bisa memudahkan Anda dalam penyiapan landing page dengan spesifik. Dengan begitu, apa yang menjadi tujuan Anda, seperti menambahkan tingkat konversi atau sejenisnya, dapat secara mudah diraih. Seperti tujuan pertama saat Anda membuat landing page tersebut.
B. Tentukan Seperti Apa Desain Landing Page
Melakukan perancangan landing page terlebih dahulu berfungsi memaksimalkan hasil yang akan didapatkan dalam bisnis Anda nantinya. Karena itu, Anda bisa bisa melakukan penentuan terlebih dahulu, mengenai poin-poin apa saja yang ingin dimasukkan kedalam landing page Anda. Dengan menentukan seperti apa rancangan yang akan dibuat terlebih dahulu, landing page akan menjadi lebih rapi dan terstruktur.
Baca juga : Masuk Daftar PPOB Terbaik Di Indonesia, Lunasin Beri Peluang Kerja Sama Menarik
C. Tentukanlah Headline yang Menarik
Headline adalah hal yang akan dilihat oleh para calon konsumen pertama kali, ketika mengunjungi website bisnis online Anda. Oleh karena itu, sebaiknya buatlah sebuah headline yang singkat, padat, menarik, namun juga membuat rasa penasaran. Sehingga para calon pelanggan Anda tertarik untuk mengunjungi, serta mencari tahu lebih dalam mengenai apa saja yang ada pada halaman landing page.
D. Buatlah Opening (Pembuka) yang Menarik
Tidak hanya pemembuatan judul yang menarik saja, Anda juga harus perlu membuat opening di halaman yang Anda gunakan, dengan sebagus mungkin. Buatlah kata atau copy, yang dapat membangun rasa ingin tahu di benak calon pelanggan, yang mana akan membuat mereka ingin mencari tahu lebih dalam lagi, mengenai layanan atau produk/brand yang ditawarkan.
Untuk bagian ini, Anda dapat memberikan penjelasan to the point tentang produk yang sedang ditawarkan, lengkap dengan kelebihan serta manfaatnya untuk konsumen. Berikutnya, tambahkan juga latar belakang, mengapa mempromosikan produk, serta manfaat apa yang didapatkan oleh konsumen, jika mereka membeli produk Anda.
E. Buatlah Deskripsi yang Jelas
Setiap bagian di dalam landing page saling berhubungan serta mempunyai fungsi yang penting. Termasuk dalam pemberian deskripsi yang lengkap. Penulisan deskripsi diharuskan tidak bertele-tele dan terlalu panjang.
Deskripsi yang baik adalah yang singkat, padat, dan jelas, untuk memudahkan calon konsumen dalam memahaminya. Lewat deskripsi inilah, calon konsumen dapat mengenal Anda, serta bisnis Anda dengan lebih baik, yang kemudian akan memutuskan, apakah akan memilih untuk konversi, atau tidak.
F. Gunakan CTA dengan Semenarik Mungkin
Call To Action (CTA) merupakan salah satu hal penting pada sebuah landing page. Call To action ini berguna untuk mengarahkan calon konsumen, agar melakukan sebuah tindakan yang sudah Anda planning sebelumnya.
Contohnya seperti mendaftarkan member, melakukan pemesanan produk yang Anda tawarkan, atau melakukan konversi dalam bentuk lain. Terdapat banyak kata yang mempunyai kekuatan dalam mempengaruhi calon konsumen.
Beberapa kalimat yang sering digunakan untuk CTA diantaranya:
- Langsung saja klik tombol di bawah ini untuk mendapatkan hadiah Anda!
- Tunggu apa lagi? Ayo Beli sekarang juga sebelum kehabisan!
- Masukkan ke keranjang sekarang juga, dan dapatkan voucher potongan harga!
G. Tambahkan Juga Testimoni pada Landing Page
Salah satu trik yang dapat Anda pakai untuk membangun kepercayaan para calon konsumen pada produk atau layanan yang Anda tawarkan adalah dengan pemberian testimoni. Dengan adanya testimoni ini, calon konsumen dapat mengetahui feedback yang didapatkan dari para konsumen sebelumnya, tentang produk yang Anda berikan.
Testimoni positif dari para pelanggan sebelumnya dapat memberikan pengaruh yang positif juga, serta membuat kepercayaan dari calon konsumen bertambah, dan membuat mereka mau untuk ikut mencoba produk Anda. Adanya testimoni – testimoni positif dapat meningkatkan kepercayaan para calon pelanggan Anda, pada produk atau jasa yang ditawarkan.
Baca juga : 3 Alasan Mengapa Bisnis Perlu Punya Landing Page
Itulah tutorial serta tips membuat landing page untuk bisnis online Anda. Landing page mempunyai peranan yang penting dalam keberhasilan marketing online. Oleh karena itu, memaksimalkan penggunaan landing page ini penting untuk dilakukan para pelaku bisnis. Semoga dapat bermanfaat.