Tips Menyisihkan dan Mengatur Gaji Bulanan Lewat Rekening Online

Mengatur gaji bulanan lewat rekening online
https://www.istockphoto.com/photo/man-hand-empty-wallet-gm1091782672-292915231

Setiap tangal gaji bulanan kadang membuat banyak orang kalap. Tak heran jika banyak karyawan yang dompetnya menipis meskipun masih di awal atau pertengahan bulan. Kalau kamu salah satunya, bisa jadi kamu tidak bisa memiliki tabungan dan investasi untuk masa depan.  

Mengubah kebiasaan boros memang tidaklah mudah. Namun, bukan berarti hal tersebut tidak bisa dilakukan. Kamu bisa memulai untuk menyisihkan gaji bulanan dengan memanfaatkan dan mengatur gaji bulanan lewat rekening online. Kehadiran rekening digital tentu akan lebih memudahkan kamu dalam menabung gaji bulanan secara praktis. 

Panduan Mengatur Gaji Bulanan Lewat Rekening Online

Berikut cara mengatur gajimu setiap bulan dengan menggunakan rekening agar tidak kesulitan di akhir bulan:

  • Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran

Mencatat pemasukan dan pengeluaran merupakan salah satu tips penting yang perlu dilakukan untuk mengelola keuangan. Catatlah setiap pemasukan yang kamu terima baik itu dari gaji tetap atau dari pemasukan tambahan lainnya. Begitu halnya dengan pengeluaran, kamu juga perlu mencatat sedetail mungkin berbagai sumber pengeluaran setiap bulannya.

Hal ini penting dilakukan agar kamu mengetahui pos mana yang paling menguras keuangan. Dengan begitu kamu bisa menghilangkan atau mengurangi pembelanjaan yang tidak terlalu penting. Selanjutnya kamu pun bisa menyisihkan sebagian pendapatan lewat rekening online. 

  • Membuat Budgeting

Budgeting dengan buka rekening online juga akan membantu kamu dalam mengatur keuangan secara lebih efektif. Metode budgeting ala Li Ka-Shing atau metode 50/30/20 dan 80/20 termasuk metode yang paling banyak diterapkan. 
Pada dasarnya nilai tersebut bukanlah angka mutlak. Semuanya tergantung dari besaran pendapatan dan kebutuhan bulanan. Kamu bisa menyisihkan 50% untuk kebutuhan hidup 20% untuk hiburan dan 30% untuk ditabung lewat rekening online,. Ingat, besaran persen tersebut harus disesuaikan dengan pendapatan dan pengeluaran. 
Jika kamu memiliki pendapatan yang besar dan ingin menyisihkan dana tabungan dalam jumlah yang lebih besar lagi, hal itu tetap sah-sah saja dilakukan. 
  • Memisahkan Pos-Pos Pengeluaran

Jika telah memisahkan jumlah besaran gaji yang akan ditabung lewat rekening online setiap bulannya, selanjutnya silahkan mengelola pos-pos pengeluaran bulanan. Selain untuk menabung, rekening digital juga bisa loh dimanfaatkan sebagai pos alokasi pengeluaran.
Proses buka rekening online juga sangatlah mudah, kamu tidak perlu ribet untuk datang ke bank. Jadi, proses pembuatannya lebih cepat dan praktis. Jika telah memiliki rekening digital, kamu bisa memanfaatkannya untuk mengelola pengeluaran bulanan misalnya untuk nonton, ngopi atau membeli kebutuhan lainnya. 
Rekening online tentu akan lebih memudahkan kamu dalam membuat pos-pos tabungan lainnya sehingga tak perlu lagi membuat rekening di bank yang berbeda-beda. Cukup satu jenis rekening untuk memenuhi beragam kebutuhan.  
  • Membawa Shopping List Saat Berbelanja

Selain memiliki rekening online kamu juga perlu membawa daftar belanjaan saat berbelanja. Hal ini penting dilakukan agar kamu tidak kebablasan saat berbelanja. Dengan memiliki daftar belanjaan maka kamu akan tahu mana barang-barang yang benar-benar kamu butuhkan.
Hindari untuk membeli barang di luar daftar belanjaan. Membeli barang di luar daftar belanjaan hanya akan menguras dompet kamu. 
  • Mendahulukan Pelunasan Hutang

Jika kamu memang memiliki cicilan atau hutang, maka dahulukanlah untuk melunasinya terlebih dahulu. Setelah kamu telah terbebas dari hutang maka kamu pun lebih bebas untuk mengalokasikan gaji bulanan kamu untuk ditabung pada rekening online atau untuk kebutuhan lainnya. 
  • Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Meskipun memiliki kartu kredit akan tetapi kamu tetap perlu menggunakannya sebijak mungkin. Kamu harus tahu jika fungsi dari kartu kredit sesungguhnya ialah sebagai alat pembayaran bukan untuk berbelanja sebanyak-banyaknya. Pastikan juga untuk selalu menyisihkan gaji bulanan kamu untuk membayar tagihan kartu kredit. 
  • Mengutamakan Kebutuhan Daripada Keinginan

Salah satu alasan mengapa gaji bulanan cepat terkuras habis ialah karena banyak orang yang membelanjakan uangnya bukan untuk kebutuhan mereka. Oleh sebab itu, penting untuk selalu mengutamakan kebutuhan dibandingkan keinginan.   
Jika memang memiliki barang impian maka cobalah untuk menyisihkan gaji bulanan kamu untuk membeli barang yang ditaksir. Kamu bisa membuat pos tabungan tersendiri dengan menyisihkan 5% sampai 10% gaji kamu setiap bulannya untuk membeli barang tersebut. Dengan begitu, kamu tidak akan mengorbankan gaji bulanan lagi untuk keperluan yang tidak terlalu penting.
Bisa jadi, saat dana terkumpul barang yang kamu idam-idamkan juga telah mengalami penurunan harga. Tentu kamu akan lebih diuntungkan lagi karena memiliki sisa uang untuk ditabung kembali. 
rekening online PermataME
https://www.pexels.com/photo/trendy-young-asian-women-choosing-cotton-bags-in-fashion-boutique-5710151/

Mengelola Gaji Bulanan Dengan Menggunakan Tabungan PermataME

Daripada menjadi karyawan hedon tentu lebih baik jika mengelola gaji bulanan lewat tabungan PermataME. Selain praktis, kamu juga bisa menikmati beragam kelebihan lainnya dengan menggunakan PermataME. 

  • Mudah & Cepat

Proses buka rekening online lebih praktis melalui aplikasi PermataMobile X.

  • Tersedia Beragam Cashback

Pengguna PermataME bisa menikmati cashback 10% setiap transaksi transportasi online, cashback 20% belanja online serta cashback 30% untuk bayar kopi atau minuman favoritmu dan nonton di bioskop. 

  • Gratis Biaya Tarik Tunai

Kamu bisa melakukan tarik tunai secara gratis di seluruh ATM dalam maupun luar negeri berlogo VISA/PLUS. Pastikan memiliki saldo sebelum transaksi minimal sebesar Rp1 juta. 

  • Kartu Debit Eksklusif

Miliki kartu debit eksklusif yang didesain khusus untuk para pengguna PermataME. 

  • Tersedia Beragam Promo

Kamu bisa menikmati beragam promo eksklusif dari merchant-merchant yang bermitra menggunakan kartu debit PermataME. 

  • Gratis Biaya Transfer Online

Pengguna tabungan PermataME bisa menikmati layanan gratis biaya transfer online via PermataMobile X, PermataNet, dan ATM serta untuk biaya administrasi lainnya. 

Pertumbuhan digital banking tentunya banyak memberi kemudahan bagi kita untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Tapi adanya gaji bulanan jangan sampai habis dalam sekejap. Oleh sebab itu, manfaatkan kehadiran rekening online dari PermataME dalam mengelola gaji bulanan kamu. Kamu juga bisa menikmati beragam fitur-fitur menarik di dalam tabungan PermataME. 

banner 300x250

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.