Tingkatkan Perekonomian Warga Kecamatan Pasar Minggu, Mahasiswa Fikom Universitas Mercu Buana Gelar Kuliah Peduli Negeri

kegiatan Kuliah Peduli Negeri

Jakarta, 02/12/2023 – Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Kampus Pejaten menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat dalam bentuk Kuliah Peduli Negeri (KPN) dengan tema “Edukasi Komunikasi Lingkungan untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat”. Kegiatan ini diselenggarakan di wilayah RW 03, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan yang diadakan sebanyak 4 kali pertemuan, yaitu: Senin, 6 November 2023; Senin, 13 November 2023; Sabtu, 18 November 2023; dan Senin, 27 November 2023. Peserta yang mengikuti kegiatan ini meliputi ibu rumah tangga dan ibu PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga).

Kegiatan Kuliah Peduli Negeri ini diselenggarakan sebagai wujud kepedulian dan kontribusi mahasiswa terhadap masyarakat. Sebagai mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi jurusan Public Relations pastinya sangat menyadari bahwa peranan komunikasi penting sekali dalam perubahan sosial. Kegiatan yang dilaksanakan oleh para mahasiswa ini berupa sosialisasi serta praktek pelatihan dan peningkatan pengetahuan kepada masyarakat. Dalam hal ini, kegiatan fokus pada komunikasi lingkungan yang dilakukan melalui optimalisasi lahan dengan budidaya lele dan kangkung secara bersamaan di dalam satu ember serta edukasi mengenai pengelolaan bank sampah di mana kedua kegiatan tersebut dapat menghasilkan keuntungan ekonomi masyarakat

prakter budidaya lele kangkung dalam kegiatanKuliah Peduli Negeri
Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana (UMB) melakukan prakter budidaya lele kangkung dalam kegiatan Kuliah Peduli Negeri, Senin (06/11/2023)

“Saya cukup senang karena meningkatkan pengetahuan kami dan kami mempunyai tambahan kegiatan sehingga kegiatan ini sangat positif. Kami jadi paham bagaimana cara budidaya lele dan kangkung secara mudah dan praktis.” Ungkap Diana, salah satu peserta kegiatan Kuliah Peduli Negeri (27/11/2023). 

Peserta lainnya, Nurlailah, mengatakan dengan adanya kegiatan ini memberikan solusi bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan utama dan pangan dan memberikan penghasilan tambahan. Selain itu, kegiatan ini ramah lingkungan karena dapat memanfaatkan barang bekas sebagai wadah tanam. 

baca juga: Mahasiswa FIKOM Mercu Buana Ajak Anak-Anak Yayasan Kasih Mandiri Bersinar Lebih Kreatif Melalui Pelatihan story telling

“Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, semoga apa yang sudah terlaksana bermanfaat bagi ibu-ibu semua. Harapan saya kegiatan ini tidak terputus sampai di sini saja, terus dilanjutkan untuk menambah kegiatan yang positif serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.” Ujar dosen pengampu mata kuliah Kuliah Peduli Negeri, ibu Dr. Santa Lorita Simamora, M.Si. dalam sambutannya (27/11/2023). 

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana ini diupayakan terus berlanjut sehingga mewujudkan upaya institusi pendidikan untuk berperan aktif dalam memberikan manfaat bagi masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *