Table of contents: [Hide] [Show]

Tegar menjadi salah satu film yang akan memeriahkan penayangan bulan November di bioskop Indonesia. Berfokus mengangkat cerita tentang seorang disabilitas yang memiliki keinginan hidup layaknya orang pada umumnya untuk mengejar cita-cita dan impiannya.

Anggi Frisca menjadi sutradara sekaligus penulis naskah film drama Indonesia ini bersama Alim Sudio. Dan Aksa Bumi Langit menjadi rumah produksi yang menjadi penanggung jawab film berdurasi 92 menit ini. Dibintangi langsung oleh artis muda M. Aldifi Tegarajasa seorang penyandang disabilitas.

Menariknya, Film drama ini telah tayang perdana di Festival Film Internasional BaliMakãrya 17 Oktober 2022. Selanjutnya, film ini dijadwalkan tayang pada 17 November kemudian diundur hingga jadwal pastinya pada 24 November 2022.

Sinopsis Film Tegar

Hidup serba kecukupan tidak sepenuhnya membuat Tegar merasa bahagia. Selain karena kondisinya yang berbeda, kedua orang tuanya pun telah berpisah, karena ayahnya meninggalkannya sewaktu kecil. Ia hanya hidup bersama mama dan kakeknya.

Tegar merasa bahwa mamanya sibuk bekerja sehingga tidak mempunyai waktu untuknya. Hanya kakeknya yang perhatian dan mengajaknya bermain serta rela memberikan semua yang dimilikinya kepada cucu tersayangnya itu. Hingga suatu ketika saat Ia berulang tahun ke 10, Ia meminta kepada  ibunya untuk bersekolah. Tetapi permintaan tersebut ditentang oleh mamanya.

Di lain sisi, berbeda dengan kakeknya yang sangat mendukung keinginan Tegar untuk bersekolah. Kakeknya membelikan sebuah seragam sekolah  yang disambut baik dan antusias oleh anak berusia 10 tahun itu. Tetapi sayangnya hal tersebut tetap tidak membuat pikiran mamanya berubah. Hal tersebut karena mamanya ingin melindunginya dari jahatnya dunia luar.

Baca juga: Nagih Janji Cinta, Cinta Terhalang Kasta

Seperti yang dikatakan mamanya, seseorang yang seumuran dengannya di lingkungan rumah datang untuk bermain bersama Tegar, tetapi mengejeknya karena kondisinya yang berbeda. Hingga kakeknya meninggal dunia membuat Tegar sangat terpukul dan merasa kesepian.

Hingga suatu ketika saat Ibunya harus pergi bekerja keluar kota, Tegar terpaksa harus di rumah ditemani oleh bibinya. Merasa bosan karena di rumah pun Ia tidak bisa keluar karena semua akses pintu rumah dikunci oleh bibi atas perintah mamanya.

Tak disangka, Tegar nekat merencanakan untuk pergi dari rumah. Dan rupanya rencana tersebut berhasil, hingga membawanya bertemu dengan penyandang disabilitas lainnya. Tetapi di sisi lain mamanya khawatir atas hilangnya anak sematawangnya dan terus berusaha mencari keberadaannya.

Lantas, apa yang dilakakukan Tegar di luar rumah dan apakah mamanya berhasil menemukan keberadaannya? Saksikan kisahnya sebentar lagi, 24 November 2022 tayang di seluruh bioskop Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *