Penerapan Ingedients Skincare Wajah ke Dalam Tubuh? Apakah Efektif?

Industri kecantikan di Indonesia terus berkembang ke arah yang positif, sesuai dengan permintaan pasar yang semakin perfeksionis. Dengan adanya kondisi itu, maka jangan heran jika banyak terobosan yang hadir di industri satu ini.
Salah satu terobosan yang sedang jadi perbincangan ialah adanya produk dengan kandungan skincare wajah yang diaplikasikan pada perawatan tubuh. Bagaimana tidak, sejauh ini sebagian besar pasar Indonesia masih kurang adil dalam menaruh perhatian terhadap perawatan wajah dan kulit tubuh. Padahal keduanya sama penting mengingat wajah dan tubuh sama-sama menghadapi bahaya polusi, radikal besar, hingga sinar UV.
Baca Juga : Ainayya Hijab Sajikan Fashion Muslimah dengan Gaya Vintage Unik
Bukan cuma itu, masih banyak pula orang yang amat selektif dalam memilih produk skincare wajah, ketimbang body lotion, misalnya. Bagi mereka, orang lain akan fokus kepada wajah daripada bagian tubuh lain ketika bertemu.
Fenomena ini yang melatarbelakangi lahirnya Joselin, brand skincare atau perawatan tubuh pertama di Indonesia yang mengaplikasikan kandungan skincare wajah ke dalam produk perawatan tubuh.
“Sentimen masyarakat masih beranggapan bahwa kulit wajah itu lebih sensitif ketimbang kulit tubuh. Padahal faktanya, kulit wajah dan kulit tubuh itu tersusun dari struktur kulit yang sama. Bahkan, sebaliknya, terdapat beberapa bagian kulit tubuh yang sama sensitifnya dengan kulit wajah,” ujar Chief Marketing Officer Joselin, Syefriandhi, dalam rilis yang diterima.
Perbedaan antara kulit tubuh dan kulit wajah sebenarnya hanya terletak pada ketebalannya saja. Maka itu, sebenarnya, satu-satunya masalah yang dihadapi dari kedua jenis kulit ini hanya pola penyerapan formula perawatan yang diberikan.
“Dengan begitu tak ada alasan untuk merawat kulit wajah saja, karena kulit wajah sebenarnya hanya punya luas sekitar sembilan persen dari kulit tubuh,” tuturnya. Di sisi lain, kulit tubuh juga mengalami proses penuaan serentak dengan wajah, sehingga sama-sama memerlukan perawatan sedini mungkin dan sebelum muncul masalah lainnya.
Dukung ramah lingkungan, hindari penggunaan material plastik
Untuk memantapkan semangat ramah lingkungan, Joselin pun menghindari penggunaan material plastik dalam mengemas produknya.
“Sifat sampah plastik tidak mudah terurai, proses pengolahannya menimbulkan toksit dan bersifat karsinogenik, butuh waktu sampai ratusan tahun bila terurai secara alami. Berangkat dari situ, Joselin mengubah semua elemen pengemasan menjadi ramah lingkungan,” kata Syefriandhi.
Pengemasan ramah lingkungan itu di antaranya ialah mengganti bubblewrap plastic dengan honey comb, mengganti lakban plastik dengan papper tape, dan mengganti boks/kardus dengan boks berjenis B Flute.
Produk unggulan dan rencana Joselin tahun mendatang
Sejauh ini, Joselin memiliki dua produk yang menjadi andalan mereka di antaranya ialah Joselin Advanced Bright Protection dan Joselin Pure Bright Secret.
Kedua produk tersebut dapat digunakan oleh seluruh kalangan dengan usia 11-65 tahun, dan dapat digunakan untuk semua jenis kulit. Di sisi lain, produk-produk mereka pun diklaim aman untuk ibu hamil dan menyusui.
Baca Juga : Ainayya, Brand Fashion Muslimah yang Tak Lekang Dimakan Waktu
Menurut Syefriandhi, Joselin memiliki perbedaan besar dengan produk body lotion yang lain. Jika body lotion konvensional cenderung fokus pada apa yang ingin mereka suguhkan dengan memperlihatkan keunggulan produknya, maka Joselin ingin menampilkan kandungan body lotion yang lebih peduli terhadap tubuh.
Langkah itu bukan tanpa alasan. Bagi Syefriandhi, generasi millennial dan Z saat ini semakin selektif dan mulai paham tentang wawasan kandungan kosmetik.
Tahun ini Joselin akan merilis sederet produk yang biasa dijumpai di produk perawatan wajah. Produk-produk itu antara lain toner, serum, cleanser jerawat, moisturizer, hingga sun screen.
“Kita selalu menggunakan skincare wajah bertahap, seperti first cleanser, pakai toner, pakai serum, kemudian moisturizer, dan terakhir sunscreen. Tahapan itu baik, sehingga mengapa tidak dicoba untuk diterapkan pada kulit badan?” ujarnya.
Ingin brand anda diliput? hubungi marketing kami di kerjasama@casakreatif.com
1Comment