Mengenal Tata Ruang Kantor, Kunci Produktivitas Pada Karyawan

Table of content:
- 1. Mencegah adanya penghamburan waktu dan tenaga pelaksanaan kerja.
- 2. Dapat menjamin kelancaran proses pekerjaan.
- 3. Mengatur pemakaian ruangan dengan efisien.
- 4. Mencegah adanya gangguan.
- 5. Menciptakan kenyamanan para pekerja.
- 6. Memberi kesan yang baik untuk karyawan dan klien.
- Poin Penting dalam Tata Ruang Kantor
- Seperti Apa Ruang Kantor yang Ideal dan Efektif?
Mengenal Tata Ruang Kantor, Kunci Produktivitas Pada Karyawan. Kota Jakarta adalah salah satu kota tersibuk yang ada di Indonesia. Tidak hanya menjadi ibukota negara Indonesia saja.
Namun, kota ini menjadi pusat bisnis dan pemerintahan di Indonesia.
Alasan kuat inilah yang membuat Jakarta memiliki banyak gedung tinggi yang digunakan untuk perkantoran.
Bahkan, semakin kesini semakin banyak gedung perkantoran baru yang dibangun untuk disewakan para pelaku usaha di Indonesia.
Salah satu wilayah yang padat akan gedung-gedung adalah Jakarta Selatan.
Anda bisa dengan mudah menemukan tempat sewa kantor Jakarta Selatan.
Ada berbagai pilihan kantor dengan desain yang menarik dan khas. Bagi Anda yang ingin menyewa kantor, Anda bisa menentukannya sesuai dengan bisnis Anda.
Bukan sesuatu yang bisa dilakukan asal-asalan desain dan tata ruang kantor adalah hal penting yang tak boleh Anda lewatkan.
Sebab ini akan berhubungan dengan kinerja para karyawan.
Tidak hanya itu saja, ada beberapa tujuan dari tata ruang kantor yang mungkin dianggap sepele. Di antaranya adalah sebagai berikut.
1. Mencegah adanya penghamburan waktu dan tenaga pelaksanaan kerja.
2. Dapat menjamin kelancaran proses pekerjaan.
3. Mengatur pemakaian ruangan dengan efisien.
4. Mencegah adanya gangguan.
5. Menciptakan kenyamanan para pekerja.
6. Memberi kesan yang baik untuk karyawan dan klien.
Poin Penting dalam Tata Ruang Kantor
Tak perlu bingung bagaimana cara mengelola tata ruang kantor.
Ada empat poin penting dalam hal tata ruang di kantor.
Keempatnya harus saling melengkapi, supaya tercipta suasana yang rapi dan teratur. Di antaranya adalah sebagai berikut.
1. Jarak terpendek
Maksud poin ini adalah dengan menata letak meja dengan jarak yang tidak begitu lebar.
Sehingga pergerakan antar karyawan bisa lebih cepat.
Jarak antar meja yang jauh nantinya akan mengakibatkan karyawan harus melakukan beberapa langkah untuk mencapai ke meja lainnya.
2. Rangkaian Kerja
Penempatan karyawan dan peralatan menurut urutan pekerjaannya akan membuat pekerjaan lebih cepat, dan tidak membuat pegawai lainnya berseliweran, sebab pengaturan meja yang teratur.
Jika pengaturan meja tidak jelas, maka besar kemungkinan akan menghambat pekerjaan.
3. Penggunaan Ruangan
Poin selanjutnya adalah pemanfaatan seluruh ruangan yang ada.
Jika ada ruang yang kosong, maka bisa diakali dengan menempatkan sesuatu.
Anda bisa mengisi tanaman atau hiasan pada sudut yang kosong, ini akan membuat kantor semakin nyaman.
4. Perubahan Susunan Tempat Kerja
Poin ini memungkinkan jika di kantor ada perkembangan.
Baik pada pekerjaan, atau karyawan. Dengan begitu tata ruang bisa diubah dengan cepat dan mudah.
Seperti Apa Ruang Kantor yang Ideal dan Efektif?
1. Memiliki Jendela
Ruangan tanpa jendela akan terasa pengap, sehingga tidak nyaman. Keberadaan jendela ini juga akan berhubungan dengan pencahayaan dan sirkulasi udara. Ruang kantor yang memiliki cukup jendela akan lebih menyehatkan daripada tidak sama sekali.
Tidak adanya jendela akan membuat karyawan tidak terpapar cahaya matahari, nantinya akan berdampak buruk untuk kesehatannya. Maka dari itu, sediakanlah jendela pada beberapa sisi di kantor Anda.
2. Memilih Warna yang Tepat
Sebuah warna bisa memberikan efek khusus pada para karyawan perkantoran. Oleh sebab itu, disarankan menggunakan perabotan yang berwarna cerah seperti biru, yang bisa berperan sebagai stimulan kecerdasan karyawan.
3. Sentuhan Personal di Meja Kerja
Biarkanlah karyawan Anda memberikan sentuhan personal pada meja kerja mereka. Hal ini akan menimbulkan dampak positif. Nantinya akan membantu karyawan lebih konsentrasi, serta dapat meningkatkan produktivitas dan kinerjanya.
4. Dapat Meredam Kebisingan
Jika ruang kantor terletak di kota metropolitan yang besar, dimana isu kebisingan adalah masalah utama, maka hal ini nantinya bisa berdampak buruk pada tingkat produktivitas karyawan.
Jika gedung kantor Anda tidak kedap suara dari luar, maka akibatnya bisa fatal. Konsentrasi dan fokus dari pekerja akan terganggu dengan adanya kebisingan dari luar.
Maka sebaiknya, buatlah ruangan yang menggunakan peredam suara.
Hal baik ini akan membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus para karyawan.
5. Memiliki Tanaman Hijau
Tanaman memang memiliki kekuatan magis bagi siapa saja yang melihatnya.
Menurut salah satu survey, salah satu elemen dekoratif yang satu ini dapat membantu menyegarkan suasana, dan membuat mood lebih baik.
Survey tersebut kemudian melahirkan fakta bahwa desain kantor yang dirancang secara natural akan memberikan efek yang positif dan peningkatan produktivitas pada karyawan.
Baca juga Pamer Konten Satwa Liar di Medsos: Bukan Hanya Mengganggu, tapi Juga Membunuh
Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai tujuan tata letak kantor, poin penting yang harus ada dalam tata letak kantor, dan hal-hal apa saja yang membuat kantor menjadi efisien dan efektif.
Setiap kantor mungkin memiliki tata letak ruang yang disesuaikan dengan visi misi, atau model usahanya.
Selama bisa membuat para karyawan nyaman, aman, dan bisa membantu meningkatkan produktivitas dan kinerja para karyawan, maka hal tersebut tidak akan menjadi sebuah masalah di kemudian hari.
Untuk pemilihan gedung kantor yang ideal dan efektif, dapat Anda temukan dengan mudah di SewaKantorCBD.
Apabila berminat untuk menyewa berbagai pilihan gedung perkantoran dengan lokasi strategis harga terjangkau, segera cek SewaKantorCBD sekarang juga!
2Comment