Setiap orang yang menjalankan bisnis, tentunya ingin mendapatkan keuntungan secara maksimal. Salah satu bisnis yang banyak dikembangkan saat ini adalah bisnis online. Terdapat cara untuk memajukan usaha ini yaitu dengan mengetahui manfaat SEO dalam bisnis online. Search Engine Optimization (SEO) dapat membantu membawa banyak calon pelanggan untuk bisnis yang dijalankan.

SEO dapat pula membantu membangun brand awareness untuk bisnis yang dikembangkan. Hal tersebut membantu menarik kepercayaan dan peminat pelanggan, karena situs yang dicari akan ditampilkan di halaman pertama website (SERP). Oleh sebab itu, memanfaatkan SEO dalam membangun bisnis online akan sangat mendukung daya saing dengan bisnis lain. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Situs Web yang User-Friendly

Membuat situs web menjadi lebih lancar, cepat dan ramah pengguna, SEO dikenal dengan User-Friendly. Selain mengoptimalkan mesin pencari, SEO juga bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Tampilan situs web tersusun dengan bersih dan rapi, sehingga membuat pengunjung lebih bertahan lama. Hal ini dapat meningkatkan tampilan halaman dan menurunkan rasio pentalan.

Demikian juga dengan konten yang tersedia, manfaat SEO dalam bisnis online dapat memberikan konten yang sangat relevan, baik untuk halaman penjualan maupun artikel blog. Konten yang relevan ini membantu pelanggan menyelesaikan apa yang sedang mereka butuhkan.

2. Mendapatkan Banyak Pelanggan Baru

Salah satu alasan untuk lebih menonjol dari pesaing bisnis adalah dengan menggunakan website. Menggunakan situs web yang dioptimalkan dengan SEO dapat membantu membawa banyak pelanggan. Bahkan pelanggan yang diperoleh bisa dua kali lebih cepat dari pada bisnis yang tidak memanfaatkan SEO.

SEO menjadi strategi pemasaran yang terjangkau dan efisien untuk mendatangkan pelanggan secara aktif. Selain itu, jika bersedia untuk menghabiskan energy, waktu dan sedikit uang, SEO dapat membantu memenuhi pelanggan yang tertarget.

3. Meningkatkan Konversi

Selain User-Friendly, manfaat SEO dalam bisnis online juga membantu mengoptimalkan situs web saat dibuka yaitu mudah dibaca, lebih cepat dan memiliki tampilan yang baik di semua perangkat. Website dengan tampilan yang baik akan cenderung menarik perhatian dari pengunjung. Tidak menutup kemungkinan, jika mereka akan sering mengunjunginya kembali dan menjadi pelanggan setia.

4. Membangun Brand Awareness

Memperoleh peringkat tinggi di SERP dapat dimanfaatkan untuk membangun brand awareness. Situs web yang muncul di halaman pertama pada mesin pencarian, cenderung akan menarik perhatian dan kepercayaan pelanggan untuk memilih sesuai yang mereka cari dibandingkan dengan website yang lain.

Itulah hal yang menjadi alasan bagi pebisnis online untuk berinvestasi dalam SEO. Saat ini mesin pencari sudah memiliki peran yang sangat penting untuk bisnis online, dengan mengoptimalkan SEO dapat membantu memperoleh peringkat tinggi untuk keyword-keyword terkait dengan bisnis yang dikembangkan.

5. Bisa Berkompetisi dengan Bisnis Skala Besar

Di era digital yang semuanya serba instan dan mudah, membuat para pebisnis berkompetisi untuk membuat produk yang menarik. Bahkan kemudahan sistem online ini sudah banyak produk-produk yang terjual dan diakses oleh mancanegara. Situs web yang dioptimalkan dalam SEO seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, akan lebih menarik perhatian pelanggan.

Memanfaatkan SEO juga tidak menutup kemungkinan untuk dapat berkompetisi dengan bisnis online pada skala besar. Hal ini dimungkinkan karena bisnis tersebut akan tumbuh lebih cepat dan menjadi sukses dibandingkan dengan bisnis yang tidak mengoptimalkan SEO.

Demikian beberapa penjelasan mengenai manfaat SEO dalam bisnis online. Berbeda dengan cara promosi biasa, SEO akan membantu mengembangkan bisnis online dengan bekerja non stop selama 24 jam. Daya kerja yang optimal ini tentunya akan sangat mendukung dalam mengembangkan bisnis online agar lebih besar dan sukses kedepannya.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *