Mahasiswa FIKOM Mercu Buana Ajak Anak-Anak Yayasan Kasih Mandiri Bersinar Lebih Kreatif Melalui Pelatihan story telling

Mahasiswa FIKOM Mercu Buana Beri Pelatihan Story Telling Anak-anak

Membangun rasa percaya diri bagi anak-anak  bukan merupakan hal yang mudah, ada beberapa kendala yang mereka hadapi pada saat ingin  bersosialisasi dengan lingkungan social mereka baik dilingkungan sekolah dan masyarakat. Kendala yang dihadapi adalah kurangnya rasa percaya diri dan kemampuan berkomunikasi yang baik, maraknya perlakuan bullying pada anak sering juga diakibatkan karna anak-anak tersebut tidak mampu untuk berbaur dengan linkungannya karna ada perasaan malu, tidak percaya diri dan tidak tahu bagaimana membangun komunikasi  yang baik dan menyenangkan bagi lawan bicaranya.

Merujuk pada hal tersebut di atas, Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) Universitas Mercu Buana melalui tim Kegiatan kuliah peduli negeri (KPN) memberikan pelatihan story telling kepada anak-anak Kasih mandiri bersinar. Intensive sebanyak 4 kali temu di setiap sabtu pada bulan November 2023 . 

Kuliah Peduli Negeri merupakan  salah satu bentuk tanggung jawab dalam penerapan Tri Darma Perguruan Tinggi yang salah satunya diwujudkan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat. 

 Pada awal pelatihan materi yang dipaparkan adalah Anti Perundungan,di mana anak-anak diajarkan bagamana cara menyikapi perlakuan perundungan dari teman. Lalu pada pertemuan kedua materi membahas mengenai bagaimana membangun rasa percaya diri.  pada pertemuan ketiga dan  keeempat kegiatan story telling dan praktek secara bergantian .  Lalu di sela-sela itu anak-anak diminta untuk mengaplikasikan pengetahuan yang mereka dapat dalam bentuk lomba dan games bersama teman-temanya. 

Rangkaian Kegiatan KPN Kelompok 2, Pada Yayasan Kasih Mandiri Bersinar yang berlangsung di November 2023

Kegiatan KPN yang dilaksanakan oleh kelompok 2 yang beranggotakan enam orang mahasiswa FIKOM Universitas Mercu Buana didampingi oleh dosen pembimbing  Dr. Santa Lorita Simamora, M.Si. Dosen yang kerap disapa oleh mahasiswanya dengan panggilan Ibu Santa menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan memberikan dampak positif yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat sekitar dan menjadi pengalaman bagi para mahasiswanya “Kegiatan ini merupakan bagian dari mata kuliah yang harus dijalani oleh mahasiswanya, beliau berharap kegiatan ini tidak hanya sebagai tugas kuliah. Tetapi menjadi pengalaman yang didapat oleh mahasiswa untuk bisa berkontribusi langsung kepada lingkunganya” Ujar Santa.

Selama berlangsungnya kegiatan KPN, anak-anak yayasan kasih mandiri bersinar mengikutinya dengan antusias dan rasa ingin tahu yang mendalam. Kegiatan pelatihan yang santai dan diselingi dengan games-games yang ringan pada setiap pelaksanaanya meninggalkan kesan yang positif bagi anak-anak. “Saya senang sekali Kakak-kakak dari Universitas Mercubuana bisa hadir disini untuk berbagi pengetahuan yang mereka miliki, ilmunya sangat bermanfaat dan berguna bagi kami semua” ujar Jetro, salah satu anak dari yang tinggal di Yayasan Kasih Mandiri Bersinar. 

baca juga: Tanamkan Kepercayaan Diri Anak SD Melalui Program CSR Bertajuk Yuk Bercerita di Kota Tangerang

Kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan tanpa kendala berkat kerjasama yang terjalin dengan baik antara pihak universitas dan juga yayasan kasih mandiri bersinar. Ucapan terimakasih juga disampaikan oleh jajaran management Yayasan Kasih Mandiri Bersinar, Suster Alexa yang menjabat sebagai Ketua YMKB menyataka bahwa “semoga kegiatan dapat berjalan kembali dan  menjadi kegiatan rutin yang bisa dilakukan lagi dengan penyampaian materi yang berbeda”. 

Melalui kegiatan KPN yang dilakukan secara swadana oleh kelompok 2, diharapkan para peserta mendapatkan ilmu baru dan dapat menerapkan ilmu yang didapat dalam kehidupan mereka sehari-hari, bagi Universitas Mercubuana Kegiatan ini sebagai bentuk nyata kontribusi universitas terhadap lingkungan masyarakat, serta membantu untuk pembentukan karakter generasi muda yang lebih percaya diri dan berani dalam menggapai masa depan yang lebih baik.

Responses (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *