Mahasiswa/i Universitas Pamulang Program Studi S1 Akuntansi melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dalam rangka memenuhi kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan PKM tersebut telah dilaksanakan pada hari Minggu, 20 November 2022 di Asrama Yatim dan Dhu’afa Yayasan Ishlahul Hayat yang berlokasi di Jl. Bali Raya No.12, RT.6/RW.6, Pd. Benda, Kec. Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten 15416.

Kegiataan ini dihadiri oleh 9 orang anak-anak dari Asrama Yatim dan Dhu’afa Yayasan Ishlahul Hayat. Berusia antara 8-14 tahun dan ketua Yayasan Ishlahul Hayat yaitu Bapak Agus Rahman, Kegiatan ini di dampingi oleh bapak Rananda Septanta S.E,I.,M.Ak selaku dosen pendamping kami.

Dengan tema kegiatan PKM ini adalah “Pemanfaatan kreasi kaleng menjadi kerajinan tangan untuk melatih Kreatifitas dan meningkatkan kesadaran ekonomi di era new normal” Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan bagian dari kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi Universitas Pamulang yang terdiri dari tiga poin penting yaitu pendidikan, pengajaran, dan penelitian. Dalam kegiatan PKM ini materi yang disampaikan adalah mengajarkan serta mengajak anak-anak untuk melatih kreatifitas dalam pembuatan kerajinan tangan dengan mendaur ulang barang-barang yang sudah tidak digunakan, serta diharapkan dapat menjadi sumber dana tambahan bagi anak-anak di Yayasan Ishlahul Hayat dengan memasarkan hasil kerajinan tangan yang telah dibuat.

Dimasa Pandemik covid 19 yang telah menyebabkan berbagai dampak negative mulai dari segi ekonomi, Kesehatan, Pendidikan, perubahan pola aktivitas dan lain-lain.

Kegiatan ekonomi kreatif dengan memanfaatkan media kaleng, diharapkan dapat mengatasi masalah penurunan ekonomi. Hal ini dilakukan dengan cara membuat celengan Lukis dari kaleng yang nantinya dapat dipasarkan sehingga menjadi penghasilan tambahan bagi anak-anak Yayasan Ishlahul Hayat.

Kaleng merupakan suatu wadah yang terbuat dari aluminium atau lempeng baja yang disalut timah. Saat ini, banyak sekali perusahaan menggunakan kaleng sebagai media pengemasan makanan, minuman, ataupun produk lainnya. sehingga jika sisa kaleng yang sudah digunakan tidak dikelola dengan baik maka dapat menyebabkan jumlah limbah kaleng semakin meningkat, maka dari itu kami mengajak adik-adik di Yayasan Ishlahul Hayat untuk memanfaatkan limbah kaleng tersebut untuk dijadikan sebuah kerajinan tangan yaitu Celengan Lukis.

Alat dan Bahan yang digunakan untuk membuat celengan Lukis Yaitu:

  1. Kaleng Bekas
  2. Cat Akrilik
  3. Kuas
  4. Palet
  5. Tiner
  6. Spidol

Tahapan Pembuatan Celengan Lukis

  1. Mewarnai seluruh bagian kaleng yang akan digunakan sebagai warna dasar.
  2. Tunggu hingga warna dasar kering
  3. Membuat pola menggunakan spidol
  4. Melakukan pewarnaan pada pola yang sudah dibuat
  5. Tunggu hingga kering
  6. Celengan Lukis siap di pasarkan.

Disini kami memberikan beberapa referensi gambar kepada adik-adik, namun tetap membebaskan mereka untuk melukis apa yang mereka inginkan, dengan begitu mereka dapat berkreasi dan meningkatkan kreativitas adik-adik diyayasan Ishlahul Hayat.

Kegiatan PKM ditutup dengan mengabadikan hasil pembuatan celengan lukis dan memberikan beberapa donasi untuk membantu yayasan yakni makanan pokok berupa sembako dan bingkisan kepada pihak asrama. Dan kegiatan PKM ini diharapkan dapat bermanfaat bagi adik-adik Yayasan Ishlahul Hayat.

Nama Kelompok : Tasya Oktaviani, Siti Abina Lubis, Siti Merly Azizah, Tiansi Septi

Dosen Pembimbing : bapak Rananda Septanta S.E,I.,M.Ak

Prodi Akuntansi Universitas Pamulang

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *