Kolaborasi Dosen Fakultas Vokasi Brawijaya menciptakan karya Inovatif dalam Pendidikan “Mejapaz”

mejapaz

Di tengah dinamika pendidikan tinggi di Indonesia, tuntutan untuk menyelaraskan diri dengan standar global menjadi tantangan signifikan. Peran sentral dosen dalam membentuk lanskap pendidikan tidak dapat diabaikan. Perilaku inovatif di kalangan pendidik berkembang pesat ketika kreativitas tidak hanya didorong tetapi juga didukung secara institusional. Direktorat Inovasi dan Kawasan Sains dan Teknologi Universitas Brawijaya (DIKST UB) muncul sebagai katalisator utama, menciptakan lingkungan yang mendukung usaha inovatif oleh para pendidik.

Memimpin perjuangan, Titi Ayu Pawestri, bersama dengan tim yang berdedikasi dari Fakultas Vokasi—Sovia Rosalin, Amelia Ika Pratiwi, dan Bayu Sutawijaya—berkolaborasi untuk menciptakan produk bernilai intrinsik: Mejapaz Smart Desk Pen, sebuah meja pendidikan terintegrasi dengan kemampuan belajar audio. Inisiatif ini berasal dari program unggulan DIKST UB, yaitu Hibah Inovasi Dosen.

Proyek Mejapaz, yang awalnya dirancang sebagai meja puzzle pada tahun 2022, mengalami perkembangan signifikan untuk melampaui pesaing sejenis. Meja ini tidak hanya berfungsi secara praktis tetapi juga mendukung pembelajaran interaktif. Dirancang untuk anak-anak usia 5–8 tahun, Mejapaz melibatkan pikiran-pikiran muda dalam pembelajaran kognitif, motorik, dan afektif melalui penyusunan potongan puzzle sambil mendengarkan narasi audio tentang flora dan fauna di destinasi wisata Indonesia. Sinergi dengan Smart Desk Pen menambah dimensi menarik, memungkinkan anak-anak belajar secara efisien sambil menghindari dampak negatif ponsel pintar.

Kerjasama ini tidak hanya terbatas di lingkungan akademis, melibatkan mitra dengan mahasiswa dan industri mebel, khususnya PT. Garvindo Prima Sejahtera. Kolaborasi ini memberikan wawasan praktis yang berharga kepada mahasiswa, memberikan pemahaman langsung tentang bagaimana proyek serupa diimplementasikan dalam dunia nyata. Mejapaz dengan Smart Desk Pen mencerminkan komitmen Fakultas Vokasi untuk menyajikan pengalaman belajar yang relevan, interaktif, dan mendukung perkembangan teknologi.

Proyek ini tidak hanya melambangkan penciptaan produk fisik tetapi juga pengembangan keterampilan dan wawasan yang mempersiapkan mahasiswa untuk masa depan yang terus berkembang. Sebagai bagian dari Hibah Inovasi Dosen, proyek ini dipamerkan dalam Pameran Universitas Brawijaya pada 8 November 2023. Deputi Rektor IV UB menyampaikan apresiasi untuk Mejapaz, berharap produk tersebut dapat meningkatkan citra positif UB dan menjadi ciri khas yang membedakan.

Titi Ayu Pawestri, sebagai pemimpin proyek, tetap berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan, menanggapi kebutuhan mahasiswa, dan menjembatani kesenjangan antara dunia akademis dan industri. Proyek Mejapaz Smart Desk Pen menjadi bukti bahwa inovasi, saat diterima oleh pendidik, dapat meningkatkan pembelajaran ke dimensi baru yang lebih mendalam dan bermakna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *