Ingin Kendalikan Sifat Boros dan Konsumtif? Mulai Investasi Sekarang! 

Kendalikan sifat boros
https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-berkemeja-putih-memegang-jeans-denim-biru-5709656/

Investasi merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan oleh semua orang, tanpa terkecuali. Bahkan bagi Anda yang boros dan konsumtif, tetap harus melakukan investasi. Caranya yaitu dengan memilih instrumen investasi yang tepat salah satunya dengan cara investasi Reksadana

Mungkin bagi orang yang boros dalam pengeluaran, melakukan investasi adalah hal yang cukup mustahil karena pasti sulit dilakukan. Di mana biasanya orang yang boros memiliki jiwa cukup konsumtif, hingga nafsu untuk mengeluarkan biaya cukup banyak punya potensi yang tinggi.

Tips Investasi Untuk Kendalikan Sifat Boros dan Konsumtif    

Melakukan investasi bagi yang boros, tentu saja Anda harus punya strategi tersendiri. Lalu strategi apa saja yang harus dilakukan?

  • Punya Tujuan Keuangan Yang Terencana

Artinya bahwa Anda memang sudah memiliki tujuan keuangan yang jelas terlebih dahulu, sebelum mengetahui cara investasi Reksadana ataupun instrumen investasi lainnya. Secara sederhana, tujuan keuangan bisa berupa kondisi untuk mewujudkan target finansial tertentu, di periode yang sudah direncanakan pula. Ini tentu saja akan membuat Anda, akan lebih mudah untuk melakukan investasi yang terarah dan konsisten.

Anda bisa memilih investasi untuk jangka pendek dengan tujuan keuangan mulai dari 1 sampai 3 tahun atau bahkan di bawah 1 tahun. Atau bisa juga memilih tujuan keuangan jangka menengah 3 sampai 5 tahun dan juga jangka panjang yaitu di atas 5 tahun. 

Untuk kebutuhannya juga berbeda-beda, misalnya investasi jangka pendek dilakukan untuk tujuan dana mudik atau liburan. Sementara untuk jangka menengah, bisa dipergunakan untuk dana menikah atau melanjutkan kuliah. Lalu untuk tujuan keuangan jangka panjang umumnya digunakan sebagai dana pendidikan anak hingga dana pensiun. 

  • Sisihkan Dana Untuk Investasi

Anda yang boros tentu saja harus memiliki catatan pengeluaran yang teratur dan tepat. Catatan pengeluaran dapat membuat Anda mengetahui lebih rinci berapa uang yang dikeluarkan pada satu periode waktu. 

Setelah itu, Anda bisa melakukan pengaturan kelompok dana mulai dari kebutuhan rumah tangga sampai cicilan bila ada. Dari catatan pengeluaran ini, Anda bisa dengan mudah menyisihkan uang untuk menabung atau investasi. Anggaran tabungan disesuaikan pula dengan pengeluaran dan pendapatan agar tidak mengalami masalah finansial apalagi bagi yang sudah. 

Karena Anda adalah orang yang boros maka pastikan untuk bisa mengurangi pengeluaran sekarang juga. Anda bisa melakukan identifikasi untuk hal-hal yang tidak penting, yang dapat membuat pengeluaran semakin banyak setiap bulan. 

  • Pilih Instrumen Investasi Yang Tepat

Cara investasi Reksadana tentu saja sangat mudah, ini menjadi alasan mengapa Reksadana banyak dipilih oleh orang-orang untuk berinvestasi. Reksadana sendiri memiliki beberapa pilihan alternatif instrumen investasi yang bisa dipilih. Mulai dari Reksadana Pendapatan Tetap, Reksadana Saham, dan  Reksadana Pasar Uang.

Salah satu keunggulan memilih investasi di Reksadana adalah Anda bisa investasi memanfaatkan aplikasi di smartphone. Mulai dari membeli produk Reksadana sampai jual dan juga melakukan pengalihan atau switching, bisa lewat smartphone saja. 

Selain itu di Reksadana, ada yang namanya Manajer Investasi yang tugasnya adalah melakukan pengelolaan dana yang diinvestasikan oleh Anda sebagai investor ke Reksadana. Manajer Investasi akan memberikan pelaporan terkait performa Reksadana yang dipilih. Dengan begini, tentu  saja instrumen investasi yang dipilih lebih memungkinkan untuk mendapatkan keuntungan yang optimal. Cara investasi Reksadana yang tidak merepotkan ini, tentu harus dipertimbangkan untuk dipilih bagi yang ingin melakukan investasi sekarang atau di masa depan. 

  • Buka Rekening Investasi

Setelah memilih instrumen investasi yang tepat, kini saatnya Anda untuk buka rekening investasi. Sudah disebutkan sebelumnya, bahwa cara investasi Reksadana adalah yang paling mudah karena bukan rekening investasinya juga bisa dilakukan secara online. Namun pastikan memilih platform yang tepat untuk investasi. Caranya adalah dengan melihat apakah aplikasi investasi yang dipilih sudah terdaftar di OJK atau belum. 

Ketahui apakah aplikasi tersebut legal atau tidak. Biasanya aplikasi investasi yang legal bisa di download secara resmi, baik melalui Playstore untuk penggunaan Android maupun App Store untuk pengguna iOS. Untuk buka rekening investasi tentu saja membutuhkan identitas pribadi setidaknya KTP hingga nomor rekening bank. Jadi pastikan sudah mempersiapkan apa saja yang diperlukan untuk buka rekening. 

Investasi Reksadana Aman hanya di digibank by DBS

Investasi
https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-yang-memegang-smartphone-hitam-1310534/

Jika Anda bingung ingin berinvestasi Reksadana dimana, maka salah satu platform yang tepat adalah Aplikasi digibank by DBS. Apa saja keunggulan yang dimiliki oleh Aplikasi digibank by DBS?

  • Banyak Pilihan Produk

Keunggulan yang pertama adalah ada banyak pilihan produk yang bisa dipilih setidaknya ada lebih dari 50 produk Reksadana di digibank DBS yang bisa Anda pilih. Semua produk yang ditawarkan, tentu saja memiliki keunggulan masing-masing dan semakin memudahkan Anda untuk investasi Reksadana. 

  • Beli Reksadana Secara Fleksibel

Beli Reksadana lewat digibank by DBS tentu saja sangat mudah dan fleksibel karena Anda bisa melakukannya secara berkala. Dengan pengaturan yang sudah ditentukan, supaya investasi tetap konsisten dan rutin dengan dana yang disesuaikan dengan tujuan investasi pastinya. 

  • Pilihan Reksadana Terbaik

Cara investasi Reksadana memungkinkan Anda untuk memilih instrumen yang tepat dengan tiga kategori yaitu: Reksadana kinerja terbaik, terpopuler dan juga skoring terbaik. 

Ini tentu bisa meminimalisir tingkat risiko Reksadana. Apalagi ditunjang dengan adanya Manajer Investasi yang profesional, dan sudah disediakan oleh digibank by DBS. 

Baca juga : Tips Bisnis Furniture Skala Besar dengan Pinjaman Bunga Rendah

  • Investasi Mulai 100 Ribu

Tidak perlu khawatir soal dana investasi yang harus dikeluarkan. Karena Anda bisa investasi di Reksadana lewat digibank by DBS dengan dana mulai dari 100 ribu saja. Sangat praktis dan mudah bukan? 

  • Registrasi, Jual, Beli Reksadana hingga Switching

Cara investasi Reksadana di digibank by DBS, memungkinkan Anda tidak hanya untuk jual Reksadana tapi juga beli hingga switching atau pengalihan Reksadana dari produk yang satu ke produk Reksadana lainnya. 

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pendaftaran untuk SID atau Single Investor Identification hanya dengan satu aplikasi. Daftar Single Investor Identification perlu dilakukan untuk yang ingin buka rekening investasi. 

Sekarang tentu Anda sudah tidak ragu lagi untuk melakukan investasi meski merupakan orang yang boros dan susah menabung. Pilih cara investasi Reksadana yang mudah hanya melalui Aplikasi digibank by DBS. Yuk kendalikan sifat boros dan konsumtif dengan cara investasi cerdas. 

banner 300x250

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.