ISKI DKI Jakarta Sosialisasikan Pentingnya Komunikasi Keluarga Sambil Berbagi Sembako untuk Warga Cililitan

sosialisasi ISKI

Jakarta, 3 April 2024 — Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) DKI Jakarta hari ini mengadakan kegiatan Bakti Sosial dengan menggelar “Sosialisasi Komunikasi Keluarga & Berbagi Sembako” di RPTRA Kelurahan Cililitan, Jakarta Timur.

Acara ini diikuti oleh 60 peserta dari berbagai kalangan, termasuk kader, tokoh masyarakat, dan orang tua. Dengan tema “Komunikasi Keluarga,” kegiatan ini bertujuan untuk mengatasi masalah kenakalan remaja yang menjadi perhatian serius di wilayah tersebut.

Diharapkan melalui meningkatkan efektivitas komunikasi antara orang tua dan anak, tingkat kenakalan remaja dapat berkurang secara signifikan.

Momentum bulan baik Ramadhan dimanfaatkan pengurus dan anggota ISKI DKI Jakarta untuk berbagi kebaikan melalui implementasi ilmu komunikasi dengan mengundang sejumlah tokoh masyarakat di wilayah Cililitan yang terdiri dari para Ketua RW dan RT, kader PKK serta Jumantik, untuk menjadi peserta sosialisasi tentang komunikasi keluarga.

Kegiatan ini ditutup dengan pembagian sembako bagi para peserta dalam rangka membantu warga menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Diskusi dengan aparat dan kader Kelurahan Cililitan menyoroti masalah serius kenakalan remaja, terutama tawuran, yang telah menimbulkan korban baik luka berat maupun ringan, serta kerugian materi. Tawuran hampir setiap bulan terjadi, dan frekuensinya meningkat selama bulan Ramadhan.

Keluarga memegang peran kunci dalam membentuk perilaku manusia, dan peran orang tua sangat penting dalam hal ini.

Oleh karena itu, fokus utama sosialisasi adalah pentingnya peran orang tua dalam komunikasi keluarga, dengan harapan pesan ini dapat disampaikan lebih lanjut kepada masyarakat.

Keterlibatan praktisi komunikasi, akademisi ilmu komunikasi, dan perwakilan mahasiswa dari berbagai universitas di Jakarta turut memperkaya sosialisasi ini.

Lurah Cililitan, Sukariya, ST, MM, mengapresiasi kolaborasi antara ISKI dan Kelurahan Cililitan, yang melibatkan Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Mimah Susanti, S.Sos, sebagai pemateri utama, diikuti dengan diskusi kelompok terfokus (Focused Group Discussion – FGD).

“Kegiatan Sosialisasi Komunikasi Keluarga dan Berbagi Sembako ini sangat bermanfaat bagi warga Cililitan, mengingat relevansinya dengan persoalan sosial yang dihadapi banyak keluarga di wilayah ini,” ujar Sukariya.

Sementara Ketua ISKI DKI Jakarta, Dra. Anita Wulandari Prasojo, M.Si., mendorong ISKI DKI Jakarta untuk terus bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak dan pemangku kepentingan untuk ikut berkontribusi secara keilmuan terhadapan permasalahan-permasalahan yang dihadapi masyarakat.

“Kami percaya bahwa ilmu komunikasi dapat berperan penting dalam menjawab masalah-masalah kemasyarakatan, dan ISKI DKI Jakarta harus selalu jeli mengidenfitikasi berbagai persoalan yang terjadi di masyarakat Jakarta, sehingga mampu memberikan solusi nyata,” ungkap Ketua umum ISKI DKI Jakarta itu.

Kegiatan ini adalah bagian dari upaya ISKI DKI Jakarta untuk mewujudkan sinergi antara akademisi dan masyarakat dalam berkontribusi secara nyata di bidang ilmu komunikasi untuk memberikan solusi terhadap tantangan-tantangan yang dihadapi masyarakat. Inisiatif ini juga didukung oleh berbagai perusahaan ternama antara lain Danone, Sari Husada, Teh Celup Sosro, ABC Kraft Heinz dan Allo Bank.

Tentang Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)

ISKI didirikan pada 12 Oktober 1983, dengan tujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang permasalahan dan ilmu komunikasi khas Indonesia. ISKI memetakan para sarjana komunikasi Indonesia di tingkat regional dan nasional serta membangun kemitraan untuk mengembangkan ilmu dan keahlian di bidang komunikasi.

ISKI juga berperan dalam pembuatan kebijakan komunikasi dan memberikan rekomendasi serta solusi untuk persoalan bangsa yang terkait dengan komunikasi. ISKI DKI Jakarta, di bawah kepemimpinan Dra. Anita Wulandari, M.Si., saat ini memiliki sekitar 500 anggota aktif dari berbagai latar belakang, baik akademisi maupun praktisi komunikasi.

 

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi :

Riza Iskandar (Dede)

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat dan Kelembagaan

ISKI DKI Jakarta

081287264176

rizaiskandar.id@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *