Inilah Beberapa Tips Dalam Mengaplikasikan Email Marketing Secara Efektif

Pengertian media marketing

Hingga saat ini para pebisnis online masih menggunakan startegi email marketing untuk memasarkan produk atau jasanya melalui email. Karena strategi tersebut dirasa sangat memberikan manfaat untuk para pebisnis online, salah satunya adalah hanya membutuhkan biaya kecil dengan hasil yang maksimal. Untuk itu Anda harus tahu cara mengaplikasikan email marketing untuk bisnis online.

Selain itu salah satu teknik pemasaran digital melalui email ini dirasa sangat efektif dalam menjangkau para konsumen dengan perangkat yang berbeda. Bahkan menurur dari suatu prediksi di tahun 2023 nanti terdapat 4,3 miliar yang menggunakan email di seluruh dunia. Nah oleh karena itu Anda wajib tahu tentang cara efektif dalam menggunakan email marketing, yuk simak ulasannya!

Tips Mengaplikasikan Email Marketing yang Efektif

Agar Anda bisa lebih optimal dalam memasarkan suatu produk online melalui email, yuk simak beberapa tips efektif dalam menggunakan email marketing!

1.    Menyiapkan Beberapa Tools Email Marketing

Saat menggunakan email marketing sebisa mungkin Anda harus membuat tampilan email yang kreatif sehingga bisa menarik para konsumen dengan menggunakan video , gambar, landing pag website dan lainnya.

Apalagi saat ini terdapat beberapa platform email marketing terbaik yang bisa memudahkan Anda dalam pembuatan platform atau tools email marketing, diantara platform tersebut antara lain, OptinMonster, Sumo, dan Mailchimp.

Baca juga : 4 Manfaat Membuat Toko Secara Online Untuk Anda

2.    Membangun Subscriber Email List

Seperti yang Anda ketahui bahwa email list meruapakan daftar beberapa email dan data diri lainnya dari target konsumen Anda, yang bertujuan untuk mempromosikan produk atau layanan kepada target konsumen yang potensial.

Jadi agar Anda bisa cepat mendapatkan subscriber email list maka bisa melakukan beberapa cara seperti, memberikan penawaran berharga, membuat CTA (Call to Action) yang variatif, memberikan form dengan singkat dan menyiapkan landing page secara khusus.

3.    Mengirimkan Email Blast

Langkah selanjutnya dalam mengaplikasikan email marketing adalah melakukan email blast, dimana pada kegiatan ini Anda akan  mengirimkan email ke banyak orang sekaligus. Dengan begitu Anda bisa menjangkau lebih luas para konsumen secara masif dengan cepat dan mudah. Selain itu platfom atau tools email yang Anda pilih sebelumnya bisa melakukan pengiriman secara otomatis.

4.    Meningkatkan Open Rate Email

Karena memang tidak semua target konsumen yang akan membuka email marketing yang Anda kirimkan, apalagi jika subjek email tersebut tidak menarik. Oleh karena itu Anda harus memberikan solusi dengan cara meningkatkan peluang email dibuka dengan cara memberikan promo yang menarik.

Diantara cara untuk meningkatkan open rate email adalah pertama usahakan memahami tujuan terebih dahulu, lalu memakai domain yang tepat, membuat email personal, jangan lupa untuk menulis subjek email yang menarik dan menambahkan gambar dan CTA yang tepat.

Baca juga : Wajib Tahu! Inilah 5 Tujuan Online Marketing di Era Perdagangan Digital

5.    Menghindari Email Marketing Masuk ke Spam

Tantangan terbesar para email marketer dalam memasarkan produknya adalah saat email masuk ke spam, karena email campaign yang sebelumnya dibuat dengan susah payah akan menjadi sia – sia. Oleh karena itu sebisa Anda harus mengirimkan judul email yang relevan dan jangan terlalu banya mengirimkan lampiran agar tidak mudah ditandai sebagai email spam.

Nah itulah beberapa tips dalam mengaplikasikan email marketing yang wajib Anda coba saat memasarkan suatu produk dengan menggunakan email, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *