Home Otomotif 5 Fakta Unik Sirkuit Mandalika Nusa Tenggara Barat

5 Fakta Unik Sirkuit Mandalika Nusa Tenggara Barat

Setelah sukses menggelar ajang balap pertamina grand prix of Indonesia, Sirkuit Mandalika Nusa Tenggara Barat mendapat banyak sorotan. Meskipun sempat ditunda pada 2021 lalu namun, Mandalika Kembali menjadi tuan rumah ajang MotoGP dan justru membawa keberhasilan besar. Sirkuit Mandalika yang baru dirampungkan pada April 2021 lalu memiliki banyak keunikan.

Hal tersebut juga membuat Sirkuit Mandalika mendapat banyak sorotan internasional. Termasuk dari para penyelenggara event balap internasional dan juga komunitas otomotif untuk melakukan test drive di sirkuit tersebut. Tak hanya dari segi kualitas sirkuit yang sudah mendapat grade A saat uji homologasi, Sirkuit Mandalika juga memiliki keunikan yang tidak dimiliki sirkuit lain seperti berikut:

Baca Juga: Tips Memilih Asuransi Mobil Yang Tepat

1. Memiliki Sirkuit Dengan Aspal Terbaik di Dunia

Indonesia memiliki sirkuit dengan kualitas aspal yang terbaik di dunia. Sirkuit Mandalika Nusa Tenggara Barat dibuat dengan menggunakan stone mastic asphalt atau yang disingkat dengan SMA untuk memoles lapisan ketiga saat membangun jalur sirkuit. SMA merupakan sebuah campuran yang canggih untuk melapisi aspal sebab dapat membuat struktur lapisan aspal menjadi lebih kuat.

Hal tersebut patut diapresiasi sebab Sirkuit Mandalika dibangun dengan menggunakan material terbaik. SMA juga merupakan campuran yang baru dikeluarkan. Oleh sebab itu belum banyak sirkuit di dunia yang memiliki lintasan dengan lapisan SMA tersebut.

2. Dikelilingi Dengan Pesona Alam Indonesia

Sirkuit Mandalika disebut-sebut sebagai sirkuit dengan pemandangan terindah. Bagaimana tidak, Sirkuit Mandalika sendiri dibangun di salah satu destinasi wisata prioritas Indonesia. Berlokasi di pulau Lombok Nusa Tenggara Barat, pemandangan yang ditawarkan oleh Sirkuit Mandalika mampu memanjakan mata, mulai dari hamparan pasir putih yang indah hingga bukit hijau yang menjulang.

Mata dunia memang sedang tertuju ke Mandalika, setelah sukses menggelar MotoGP. Namun di samping itu kementerian Parekraf juga berusaha mempromosikan pariwisata Indonesia di ajang balap bergengsi tersebut. Beberapa destinasi wisata dapat ditemukan disekitar Mandalika, seperti Pantai Kuta, Pantai Seger, Tanjung Aan hingga Desa Adat Ende.

3. Memiliki Konsep Sirkuit yang Berbeda

Sirkuit Mandalika atau nama internasionalnya adalah Pertamina Mandalika International Street Circuit. Mengusung nama street circuit, hal tersebut menunjukkan bahwa mandailin menggunakan konsep street circuit. Lantas apa maksud street circuit? Street circuit sendiri mengacu pada fungsi dari sirkuit tersebut.

Sirkuit Mandalika dengan konsep street circuit artinya lintasan tidak hanya seratus persen digunakan sebagai lintasan balap saja. Fungsi dari sirkuit tersebut lebih besar, sehingga masyarakat umum dapat menggunakan untuk melakukan atraksi pariwisata, olahraga ringan seperti jogging dan sebagainya. Kendari demikian untuk akses lintasan utama tetap terbatas bagi masyarakat umum.

4. Menggunakan Produk Asli Indonesia Saat Pembangunan

Keunikan lain dari Sirkuit Mandalika Nusa Tenggara Barat adalah penggunaan bahan asli Indonesia yang dibuat oleh PT WIKA dalam pembangunan pit building modular. Pit building yang dibangun di Mandalika tersebut mendapatkan apresiasi dari MURI sebagai pembangunan pit building dengan taraf internasional tercepat. Pasalnya pembangunan tersebut bisa dirampungkan dalam 21 hari saja.

Dibangun dengan luas 350 meter persegi dan kapasitas 50 garasi yang telah dilengkapi juga dengan instalasi yang dipersyaratkan. Pit building tersebut dibangun dengan konstruksi sistem modular dan terdiri dari 2 lantai. Di bagian bawah sebagai garasi untuk para kru dan teknisi. Lantai dua untuk para VIP, VVIP, media, sponsor dan juga penyedia telekomunikasi.

5. Memiliki Sentuhan Nusantara yang Ciamik

Sebagai sirkuit dengan taraf internasional, pembangunan Sirkuit Mandalika tetap memasukkan unsur nusantara yang dapat ditemukan pada lintasan balap tersebut. Di area aspal luar pojok ke 15 dan 16 dapat ditemukan corak tenun subahnale. Corak tenun tersebut merupakan salah satu corak tenun dari suku sasak di pulau Lombok.

Baca Juga: Cara Merawat Aki basah Agar Awet

Itu tadi adalah 5 fakta unik dari Sirkuit Mandalika Nusa Tenggara Barat. Keunikan dari Mandalikan memang menjadi pesona yang menarik dan menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan pariwisata di sekitar sirkuit tersebut. Jadi semakin bangga dengan Indonesia bukan?

 

Comment
Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ad