Saat ini mata dunia tengah tertuju pada Mandalika pasca digelarnya Moto GP Mandalika 2022. Pelaksanaan MotoGP di Mandalika merupakan seri kedua dari MotoGP 2022 setelah sebelumnya digelar di Qatar pada tanggal 4-6 Maret lalu. Dibalik suksesnya gelaran MotoGP yang dilaksanakan di Mandalika tersebut terdapat fakta menarik yang menyertainya.

Terdapat beberapa kejadian unik hingga tragis saat MotoGP berlangsung. Hal tersebut mewarnai jalannya Moto GP yang dilaksanakan pertama kali di Mandalika. Berikut ini adalah beberapa fakta unik dari gelaran MotoGP di Mandalika:

Baca Juga: Fakta Unik Sirkuit Mandalika Nusa Tenggara Barat

1. Pelaksanaan Ditunda

Pelaksanaan Moto GP Mandalika 2022 yang dilaksanakan pada tanggal 18 hingga 20 Maret lalu merupakan kebanggaan tersendiri bagi Indonesia sebagai tuan rumah dalam ajang tersebut. Namun ternyata MotoGP di Mandalika awalnya dijadwalkan akan dilaksanakan pada tahun 2021 lalu. Pelaksanan tersebut resmi ditunda hingga maret 2022 sebab adanya pandemi covid yang belum terkendali.

2. Petir Sambar Sirkuit

Selain ditunda karena pandemi covid ternyata pada hari H pelaksanaan ajang balap bergengsi tersebut juga harus diwarnai dengan turunnya hujan lebat. Saat hujan berlangsung, terdapat petir yang menyambar sirkuit Mandalika. Kilatan tersebut diperkirakan cukup kuat.

Akibat hujan deras yang masih mengguyur Mandalika, akhirnya jadwal pelaksanaan ditunda. Pada mulanya direncanakan akan dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB. Akhirnya pelaksanaannya ditunda hingga pukul 15.15 WIB.

3. Munculnya Pawang Hujan

Selain sambaran petir di Mandalika, hal yang tidak kalah mencuri perhatian saat ajang balap tersebut dilaksanakan adalah aksi pawang hujan yang turun ke lintasan. Rara Istiani Wulandari adalah pawang hujan yang mengklaim dirinya sebagai salah satu tim untuk melakukan modifikasi cuaca dengan menggunakan kekuatan doa.

Kemunculan pawang hujan ini langsung menarik perhatian media lokal bahkan internasional. Ritual menangkal hujan atau menurunkan hujan semacam ini memang masih lazim dilakukan di Indonesia.

Mulai dari acara di tingkat masyarakat desa hingga ajang tingkat internasional semacam ini, pawang hujan masih digunakan. Pada acara di MotoGP tersebut Rara sebagai pawang hujan melakukan ritual yang diawali dengan doa-doa kemudian berjalan kaki di lintasan dengan membawa singing bowl.

Meskipun BMKG menjelaskan berhentinya hujan bukan karena aksi pawang hujan, melainkan durasi hujan yang memang sudah selesai, namun kemunculan pawang hujan ini cukup menarik bahkan sempat menjadi trending di Twitter. Media asing dan juga pihak official MotoGP juga memberikan pujian pada aksi pawang hujan tersebut.

4. Marc Marquez Gagal Bertanding

Insiden kecelakaan yang dialami oleh pembalap Repsol, Marc Marquez saat sesi pemanasan Moto GP Mandalika 2022 juga menjadi highlight pada beberapa portal berita. Kecelakaan tersebut memang cukup parah dimana pembalap repsol tersebut jatuh di tikungan ke 7. Dalam insiden tersebut Marc Marquez kehilangan keseimbangan sehingga membuat motor dan tubuh pembalap tersebut terlempar ke udara.

Motor yang ditunggangi sempat berputar cukup lama hingga akhirnya ringsek setelah menghantam aspal. Sedangkan kondisi Marc Marquez juga terpelanting cukup tinggi. Hal tersebut menyebabkan marquez gagal mengikuti ajang Moto GP di Mandalika.

Baca Juga: Demi Xpander, Mitsubishi Bakal Mengimpor Kembali Pajero Sport

5. Dedikasi Juara Untuk Risman

Pertandingan MotoGP di Mandalika berhasil dimenangkan oleh Miguel Oliver yang merupakan pembalap dari Tim Red Bull KTM. Kemenangan tersebut didedikasikan oleh sang pembalap kepada Risman yang merupakan salah satu staff hotel tempat pembalap asal Portugal tersebut menginap. Oliver mengaku berterimakasih kepada Risman karena telah memberikan dukungan selama dirinya berada di Lombok.

Itu tadi adalah beberapa fakta menarik selama jalannya ajang Moto GP Mandalika 2022 yang dilaksanakan di Lombok Nusa Tenggara Barat. Keseruan ajang MotoGP tersebut juga mendapat antusiasme yang tinggi dari masyarakat. Hal tersebut membuat masyarakat berbondong bondong datang ke Mandalika untuk menyaksikan secara langsung keseruan ajang balap bergengsi tersebut.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *