Digital Banking: Pengertian, Layanan, dan Kelebihannya

Digital banking
Pict by : https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-yang-memegang-smartphone-android-putih-5965771/

Kamu pasti sudah tak asing lagi dengan istilah digital banking. Ini merupakan jenis perbankan yang memberikan kemudahan bagi para nasabahnya. Perbankan digital ini memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi dari mana saja, tanpa harus ke kantor cabang.

Selain itu nasabah juga bisa mendapat informasi, melakukan pembukaan rekening, dan penarikan uang secara online melalui platform digital. 

Layanan yang Dihadirkan

Setelah mengetahui apa itu digital banking, maka penting juga untuk memahami apa saja layanan yang dihadirkan. Jenis perbankan yang satu ini memang sangat relevan memenuhi kebutuhan masyarakat di era digital seperti sekarang. Semua fasilitas atau layanan yang tersedia sangat mempermudah masyarakat atau nasabah untuk memenuhi kebutuhan perbankan.

Ada banyak sekali layanan yang sebenarnya bisa diakses melalui layanan e-perbankan. Dengan salah satu layanannya mobile banking, mulai dari transfer dan berbagai jenis transaksi pembayaran hingga pelunasan tagihan secara online.

Nasabah juga bisa membuka akun rekening baru dengan mudah tanpa harus ke bank. Dapat juga menikmati kemudahan pembayaran e-commerce karena sudah terintegrasi secara langsung. 

Saat mengenal apa itu digital banking, kamu pasti sudah bisa membayangkan banyak kemudahan di dalamnya. Kamu bisa mendapatkan informasi terkait produk perbankan tanpa harus datang langsung ke kantor bank. Cek mutasi juga lebih praktis dilakukan secara online. Bahkan perbankan digital ini juga menyediakan layanan penutupan akun online.

Kelebihan Digital Banking

Digital banking menawarkan banyak sekali kelebihan yang bisa dinikmati oleh para penggunanya. Sebelum menjadi pengguna, kamu harus tahu apa saja kelebihannya. Pertama, melalui jenis perbankan ini kamu bisa merasakan kemudahan akses untuk berbagai jenis layanan. Bahkan buka tutup rekening bisa dilakukan dengan mudah dari mana saja tanpa harus datang ke kantor bank. 

Kelebihan lainnya, digital banking ini akan membuat kamu lebih hemat waktu. Tak perlu lagi menghabiskan banyak waktu antre di bank. Kamu bisa mengakses banyak layanan secara online lewat platform digital yang tersedia. Sangat membantu jika kamu adalah tipe orang yang sibuk dan tak ingin membuang waktu terlalu lama di kantor bank. 

Setelah mengetahui apa itu digital banking dan layanan yang dihadirkan, kamu pasti bisa menarik kesimpulan bahwa jenis perbankan ini jauh lebih aman. Bank telah menjamin keamanan data yang kamu miliki. Transaksi bisa jauh lebih mudah dilakukan tanpa mengancam data-data pribadi yang harus kamu jaga dengan baik.

Nikmati Kemudahan Transaksi dengan PermataMobile X

Kehadiran digital banking di Indonesia saat ini memang sangat menguntungkan. Banyak kemudahan yang bisa dinikmati berkat adanya bentuk perbankan digital tersebut. Salah satunya dibuktikan melalui adanya layanan bernama mobile banking.

Baca juga : Asuransi Jiwa Syariah untuk Lindungi Keluarga

Seperti PermataMobile X yang ditawarkan oleh PermataBank. PermataMobile X ini menawarkan berbagai kelebihan berikut yang pasti akan membuat kamu merasa dimudahkan. 

  • Fitur Canggih

Layanan mobile banking ini didesain canggih dan sangat relevan dengan perkembangan zaman masa kini. Total ada ratusan fitur yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna. Semua fitur tersebut didesain canggih dan mudah diakses, sesuai tujuan produk digital banking yang memang memberi kemudahan bagi nasabahnya. 

  • Cek Mutasi Praktis

Melalui PermataMobile X, kamu bisa dengan mudah mengecek mutasi rekening. Pengecekan mutasi rekening bisa dilakukan dalam periode waktu 12 bulan. Prosesnya mudah lewat satu genggaman tangan. 

  • Sangat Praktis

Perkembangan digital banking di Indonesia memang membuat semuanya terasa praktis. Begitu juga dengan layanan mobile banking ini. Dalam satu aplikasi kamu bisa melakukan berbagai aktivitas. Pengecekan akun rekening bisa mudah dilakukan dalam satu layar. Kamu juga bisa transfer uang, cek mutasi, bayar kartu kredit, beli pulsa, bahkan mengajukan KTA lewat satu aplikasi saja. 

Permata MobileX
Pict by : https://www.istockphoto.com/id/foto/potret-gadis-bisnis-trendi-asia-jepang-yang-cantik-merayakan-dengan-ponsel-pintar-gm1305609814-396441110

Melalui PermataMobile X, kamu bisa melakukan berbagai jenis aktivitas transaksi tanpa perlu ribet. Berikut ini beberapa aktivitas transaksi yang memungkinkan untuk diakses lewat PermataMobile X:

  • Cek mutasi akun rekening dengan periode 12 bulan.
  • Lunasi tagihan listrik, telepon, internet, dan lain-lain.
  • Beli token listrik, isi ulang pulsa, dan beli saldo e-wallet.
  • Buka tabungan, buka layanan kartu kredit, dan daftar KTA online.
  • Jual, beli, switching aset reksadana.
  • Transaksi di toko atau merchant via QR Pay. 
  • Tarik dana pakai Mobile Cash di gerai Indomaret. Mudah sekali, tinggal buka aplikasi lalu klik opsi ‘Menu lainnya’, pilih ‘Mobile Cash’, dan klik ‘Indomaret’. Masukkan nomor HP aktif agar bisa menerima cash code lalu serahkan ke kasir agar bisa mengambil dana tunai.
  • Kirim uang melalui WhatsApp pakai fitur bernama WhatsApp Gift.
  • Buat pengajuan kenaikan limit kartu kredit sementara. 

Baca juga : Launching Buku Saham Terbaru Untuk Millenial

Sebagai salah satu bentuk layanan dari digital banking, mobile banking ini memang sangat praktis untuk digunakan. Berikut adalah prosedur pendaftaran yang bisa dilakukan agar kamu bisa menikmati kemudahan transaksinya:

  1. Unduh aplikasi PermataMobile X melalui PlayStore atau AppStore.
  2. Buka aplikasi dan klik opsi Mulai di laman utama.
  3. Pada kolom pertanyaan “Apakah kamu punya rekening PermataBank?”, klik jawaban “Ya” apabila sudah terdaftar sebagai nasabah.
  4. Klik pilihan jawaban “Tidak” jika belum menjadi nasabah di PermataBank sehingga sistem akan mengarahkan ke menu pembukaan rekening secara otomatis.
  5. Muncul lagi kolom pertanyaan “Apakah kamu memiliki user ID PermataMobile X?”, di sini pilih opsi “Tidak”.
  6. Tentukan pilihan ingin mendaftar pakai nomor rekening atau kartu kredit.
  7. Langsung lanjutkan pendaftaran sesuai petunjuk sampai selesai

Pertumbuhan Digital banking benar-benar memberi kemudahan bagi kita untuk memenuhi kebutuhan perbankan. Di zaman digital seperti sekarang ini kamu memang sangat disarankan untuk memakai fasilitas mobile banking ini.

Pastikan kamu mengoptimalkan semua layanan dan fitur yang tersedia agar hidup terasa lebih praktis dan mudah. Pilih PermataMobile X untuk mempermudah segala jenis kebutuhan perbankan kamu!

banner 300x250

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.