CRING Payment Facilitator, Solusi Inovatif SPE Solution untuk Meningkatkan Inklusi Keuangan di Indonesia

SPE Solution

Jakarta – Di tengah pesatnya perkembangan teknologi, layanan keuangan digital menjadi tantangan bagi pelaku bisnis untuk dapat bersaing di industri. Sejalan dengan hal tersebut, perusahaan Fintech Enabler SPE Solution, memperkuat komitmennya dalam mendukung pemerintah mendorong inklusi keuangan di Indonesia melalui CRING Payment Facilitator, produk perbankan terintegrasi melalui API yang dirancang untuk membantu pelaku bisnis dalam memantau dan mengelola cash-in dan cash-out secara real-time.

Layanan keuangan digital telah menjadi bagian integral dari transformasi industri keuangan yang dipicu oleh kemajuan teknologi. Membuka pintu bagi individu dan bisnis untuk lebih mudah mengakses layanan keuangan, meningkatkan efisiensi, memperluas kesempatan dalam pengelolaan keuangan, serta dalam lanskap ekonomi nasional meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia. Menurut data dari Bank Indonesia (BI) tahun 2023, nilai transaksi digital banking meningkat 13,48% (year-on-year) menjadi Rp 58.478,24 triliun. Begitu pula dengan nilai transaksi Uang Elektronik (UE) yang mengalami peningkatan sebesar 43,45% (year-on-year), mencapai Rp 835,84 triliun, dan diperkirakan akan meningkat sebesar 25,77% (year-on-year) menjadi Rp 1.051,24 triliun pada tahun 2024. Meski demikian, di tengah gempuran transformasi layanan keuangan digital, beberapa sektor bisnis khususnya UMKM masih menghadapi tantangan dalam mengakses digitalisasi layanan keuangan. Kendala seperti modal, waktu, hingga tenaga kerja ahli yang memadai menjadi keterbatasan mereka dalam penerapan teknologi digital untuk bersaing di industri.

Product Lead SPE Solution, Andy Mahendra Giriseno menyatakan bahwa tingginya nilai transaksi digital dinilai menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi yang signifikan di era digital saat ini, “Melihat pertumbuhan yang pesat dari nilai transaksi digital di Indonesia, jelas bahwa pembayaran digital telah menjadi solusi utama yang dipilih oleh masyarakat. Ini tidak hanya memberikan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan layanan perbankan, tetapi juga menandakan kebutuhan terhadap sistem pembayaran yang lebih cepat, mudah, dan efisien. Maka itu, kami berkomitmen untuk terus mendukung transformasi ini dengan solusi-solusi inovatif seperti yang ditawarkan CRING, yang kami percaya akan memberikan dampak positif bagi ekosistem keuangan digital yang lebih merata di Indonesia.” Ucap Andy.

Dalam menjawab tantangan tersebut, sebagai entitas perintis, CRING berkomitmen untuk memfasilitasi layanan keuangan digital dengan memberikan peluang dan kesempatan yang lebih besar terhadap pelaku bisnis tak terkecuali pelaku usaha menengah dalam mengakses layanan keuangan digital melalui integrasi yang lebih mudah serta terjangkau. Hal ini diyakini penting untuk memperluas pemerataan akses keuangan, meningkatkan kesejahteraan finansial, dan sebagai upaya nyata dalam mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

baca juga: SPE Solution Hadirkan Produk Baru Bank Fasilitator Bernama CRING!

CRING menawarkan berbagai layanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis terkini dalam ranah keuangan digital seperti Virtual Account yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembayaran secara mudah dan aman, Fund Transfer yang memfasilitasi pengiriman dana antar rekening dengan cepat dan efisien, Bank Validator yang memvalidasi data transaksi keuangan, hingga QRIS yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembayaran dengan cepat melalui pemindaian kode QR, serta berbagai layanan lainnya. Melalui layanan-layanan tersebut, CRING memberikan solusi terpadu bagi pelaku bisnis menengah dalam memenuhi kebutuhan keuangan mereka secara efektif, terjangkau, dan efisien.

Product Manager SPE Solution, Rahman Armenzaria menyatakan, CRING Dirancang untuk memenuhi kebutuhan akses layanan keuangan digital yang tidak hanya dapat diakses oleh bisnis dengan skala besar tetapi juga menyasar pelaku usaha menengah. “CRING berupaya memastikan agar setiap bisnis memiliki akses yang sama terhadap teknologi keuangan tak terkecuali bagi usaha menengah. Melalui fitur dan layanan yang ditawarkan, kami berkomitmen untuk menghadirkan produk yang terjangkau sebagai solusi digitalisasi layanan keuangan yang dapat mempermudah operasional bisnis sesuai dengan kebutuhan mereka.” Ujar Rahman.

Dengan menghadirkan solusi inovatif dalam sektor teknologi keuangan, SPE Solution bertekad untuk menjadi mitra strategis pemerintah dalam mendorong inklusi keuangan di Indonesia dengan melakukan kolaborasi – kolaborasi yang tepat sasaran untuk menciptakan ekosistem keuangan yang inklusif, memberdayakan pelaku bisnis dari segala lapisan, serta mendukung berbagai sektor bisnis dalam mewujudkan transformasi digital sebagai upaya mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berkelanjutan.

“Kami membuka kesempatan bagi pelaku bisnis, UMKM, serta institusi – institusi yang membutuhkan akses terhadap digitalisasi layanan keuangan untuk bermitra dengan kami demi menciptakan ekosistem bisnis yang berkelanjutan. Melalui kolaborasi ini, kami berharap dapat mempercepat transformasi digital, meningkatkan efisiensi operasional klien kami, serta menyediakan solusi keuangan yang lebih mudah diakses dan terjangkau oleh semua pihak.” Tutup Rahman.

Tentang SPE Solution:

Solusi Pembayaran Elektronik (SPE Solution) adalah perusahaan solusi Fintech yang berkembang pesat. Berisi sekelompok tenaga ahli profesional muda yang berpengalaman di sektor Teknologi Informasi selama lebih dari sepuluh tahun yang telah membantu mitra kami memenuhi kebutuhan teknologi keuangan mereka baik di Indonesia dan juga Asia Tenggara. Saat ini kami bekerja sama dengan lembaga keuangan untuk mendorong pertumbuhan UMKM di Indonesia. (www.spesolution.com / @spesolution)

Kontak :

Zola Rehana

Marketing Communication

SPE Solution

HP 085778898917

E: zola.mahardika@spesolution.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *