Batre handphone boros merupakan masalah yang cukup serius bagi penggunanya. Dikarenakan masa hidup handphone berkurang, menjadi lebih cepat mati. Alhasil, sulit untuk digunakan dalam waktu lama terlebih untuk orang yang suka bepergian di luar lama. Juga orang-orang yang suka bermain game dalam waktu lama, butuh mencari cara mengatasi batre HP boros agar bisa bermain dengan tenang.

Sangat menyebalkan jika harus bolak-balik mengisi daya HP, dan juga memang tidak baik jika HP dimainkan saat sedang mengisi daya. Karena akan membuat kondisi batre lebih parah dari kondisi sebelumnya. Tapi tenang saja karena, banyak cara yang dapat diterapkan untuk mengatasi batre HP boros. Bisa ikuti cara-cara dibawah ini agar penggunaan batre HP lebih awet :

Baca Juga: Fungsi Air Radiator Yang Wajib Dipahami

1. Jangan Mainkan HP

Hal yang harus diperhatikan pada cara mengatasi batre HP boros pertama yaitu, jangan mainkan HP. Maksudnya bukan larangan untuk memainkan HP dan dibawa saja. Tapi, jangan mainkan HP saat sedang proses diisi dayanya. Lalu, juga jika sedang berada di luar yang tidak mudah mencari akses listrik atau tidak membawa power bank, sebaiknya jangan terlalu sering memainkan HP.

2. Selalu Membawa Power Bank

Jika memang memiliki banyak hal yang harus dilakukan melalui HP. Bawalah power bank ke mana-mana, untuk menjaga HP tetap hidup. Sebaiknya charge HP setelah ada peringatan daya habis, atau ketika sudah di bawah 40%. Untuk menjaga kesehatan batre, agar borosnya tidak semakin parah.

3. Turunkan Kecerahan Layar

Kecerahan layar yang tinggi bisa menyebabkan HP cepat panas dan membuat batre lebih boros. Untuk itu gunakanlah kecerahan layar minimum, untuk menjaga batre HP. Maka dari itu sebaiknya menggunakan HP di area gelap, jangan di bawah sinar matahari. Selain itu juga bisa menjaga mata pengguna tetap sehat.

4. Matikan Fitur yang Tidak Perlu

Cek terlebih dahulu apakah ada fitur-fitur yang tidak sedang digunakan namun menyala. Contohnya, bluetooth, hotspot, data jika sedang memakai wifi, maupun sebaliknya wifi jika sedang memakai data. Pastikan segera matikan fitur tersebut, jika sedang tidak digunakan.

5. Gunakan Aplikasi Seperlunya

Hanya menginstall aplikasi yang dibutuhkan saja, dan menghapus aplikasi yang sudah tidak diperlukan. Makin sedikit aplikasi, makin sedikit pula batre yang dikonsumsi. Dan juga pastikan menutup aplikasi dengan benar saat sudah selesai menggunakannya. Karena akan memberatkan RAM HP dan membuat batre menjadi lebih boros jika tidak ditutup dengan benar.

6. Aktifkan Penghemat Baterai

Selanjutnya dalam cara mengatasi batre boros yaitu, mengaktifkan fitur penghemat batre. Baik menggunakan fitur bawaan dari HP, maupun menggunakan aplikasi tambahan. Jika, ingin menggunakan aplikasi tambahan pastikan untuk mengecek reviewnya. Untuk memastikan aplikasi tersebut berguna bukan malah menambah boros batre.

7. Mode Pesawat

Fitur mode pesawat ini bisa digunakan tidak hanya untuk di pesawat namun, bisa dimanfaatkan untuk menghemat batre. Jika, sedang menggunakan wifi bisa dalam mode pesawat saja untuk menghemat batre. Selain itu jika sedang mengisi daya pun, menerapkan mode pesawat bisa membuat pengisian daya lebih cepat dari biasanya.

Itu dia 7 cara mengatasi batre HP boros yang ampuh supaya penggunanya bisa memainkan HPnya secara bebas dan nyaman. Selain itu cara tersebut akan lebih berguna, jika penggunaanya juga bisa menahan diri untuk tidak selalu memainkan HPnya. Apalagi, jika penggunanya mengetahui cara untuk merawat batre HPnya agar tetap awet walaupun umurnya sudah tua alias telah digunakan selama bertahun-tahun.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *