Facebook telah menjadi salah satu platform yang sangat populer untuk menjalankan bisnis online. Selain bisa digunakan untuk jualan, platform ini juga dilengkapi berbagai fitur untuk menunjang pengembangan bisnis online. Termasuk salah satunya adalah Facebook Ads. Maka dari itu, mengetahui cara optimasi toko online dengan Facebook Ads merupakan hal penting bagi para pebisnis.

Jumlah pengguna media sosial Facebook sangatlah besar. Bahkan lebih dari 1 miliar pengguna di seluruh dunia. Hal ini menjadikan Facebook sebagai salah satu tempat yang tepat untuk menjaring konsumen. Pasalnya, platform ini memiliki pengguna yang beragam. Sehingga Anda bisa menargetkan, sesuai dengan bisnis yang Anda sasar.

Cara Optimasi Toko Online dengan Facebook Ads untuk Pengembangan Bisnis

Bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis online, beberapa cara optimasi toko online dengan Facebook Ads berikut ini patut dipertimbangkan.

Baca juga : 5 Tips SEO Woocommerce untuk Bisnis

1. Target Berdasarkan Lokasi

Salah satu cara terbaik yang bisa digunakan untuk melakukan optimasi bisnis online di Facebook adalah dengan menentukan target berdasarkan lokasi. Facebook sendiri memiliki beberapa opsi, yang bisa digunakan untuk menargetkan  calon konsumen, berdasarkan lokasi tertentu.

Fitur ini sangat cocok digunakan oleh para pebisnis dan marketer, yang ingin bisa menyasar calon konsumen lokal. Sebab, dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa langsung mengatur di lokasi mana saja iklan tersebut akan ditampilkan. Sehingga proses marketing menggunakan Facebook Ads pun akan menjadi semakin optimal.

2. Melakukan Pengaturan Target Audiens Sesuai Kemiripan

Cara berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk melakukan optimasi Facebook Ads adalah melakukan pengaturan target audiens yang sesuai kemiripan. Fitur Lookalike Audiences memungkinkan Anda untuk meluaskan target audiens yang berada di luar jangkauan Anda.

Untuk bisa melakukan hal ini, Anda bisa menciptakan persona audiens, yang mirip dengan target yang Anda miliki sendiri. Setelah berhasil menentukan audiens mana yang ingin ditiru dan dikembangkan, maka Anda pun bisa membuat jangkauan target audiens menjadi lebih luas ataupun lebih spesifik.

Baca juga : 6 Alasan Pentingnya Memilih Tema Website untuk Bisnis

3. Manfaatkan Fitur “Must Also Match

Fitur berikutnya yang juga kerap menjadi primadona bagi para marketer adalah fitur “Must Also Match”. Fitur ini mulai diluncurkan oleh Facebook pada tahun 2015 yang lalu. Menurut sejumlah kajian dan eksperimen, mendapati bahwa penggunaan fitur “Must Also Match” dapat meningkatkan engagement audiens hingga mencapai 25%.

4. Tidak Ada Salahnya untuk Menggunakan Fitur “Live Events

Cara melakukan optimasi di Facebook Ads yang bisa Anda pertimbangkan selanjutnya adalah memanfaatkan fitur “Live Events”. Saat ini banyak orang yang gemar dengan berbagai Live Events di sekitar mereka. Sehingga hal ini bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk mendatangkan trafik dan engagement, dari para audiens.

Fitur ini terbilang cukup unik. Karena Anda bisa melakukan penargetan audiens berdasarkan rentang periode waktu tertentu. Misalnya, Anda memiliki perusahaan fashion yang ingin menyediakan koleksi untuk lebaran.  Menggunakan fitur ini Anda bisa mengatur waktu tertentu, seperti 30 hari menjelang lebaran, atau yang lainnya.

5. Bedakan Campaign Mobile dengan Desktop

Pengguna Mobile dan Dekstop memiliki preferensi yang berbeda-beda. Menurut sejumlah data, lebih dari 95% Facebook Ads ditampilkan dalam perangkat mobile. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membedakan antara campaign versi perangkat mobile dengan desktop. Sehingga proses pemasangan iklan tersebut akan semakin maksimal.

Baca juga : Jenis-jenis Iklan Facebook Yang Perlu Untuk Bisnis Anda

Demikianlah beberapa cara optimasi toko online dengan Facebook Ads yang perlu Anda ketahui. Kini dengan adanya ulasan tersebut Anda tidak perlu bingung lagi kalau ingin melakukan optimasi dalam menjalankan bisnis online.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *