Kupas Tuntas Cara Mengatasi Sinyal Jelek; Simak Penjelasannya!

cara mengatasi sinyal jelek

Sebagai kawula muda yang aktif dalam media sosial, kestabilan sinyal merupakan poin yang sangat penting keberadaannya. Bayangkan saja ketika sedang asyik berseluncur di dunia maya entah untuk kepentingan pribadi maupun pekerjaan, tiba-tiba dihadapkan dengan kondisi sinyal yang jelek. Beberapa cara mengatasi sinyal jelek perlu diketahui agar para pengguna smartphone tidak lagi mengalami kebingungan.

Banyak hal yang melatarbelakangi sinyal handphone memburuk. Bisa karena umur handphone yang mungkin sudah cukup tua, adanya masalah pada hardware maupun software atau bisa jadi karena sedang berada di lokasi yang sulit menjangkau sinyal yang baik. Hal-hal tersebut akan sangat mengganggu jika tidak ada solusi. Maka, simaklah 6 cara mengatasi sinyal jelek di bawah ini:

1. Aktifkan Dan Nonaktifkan Mode Pesawat

Mode pesawat merupakan salah satu fitur yang ada dalam handphone yang digunakan saat berada di pesawat. Namun tidak hanya itu saja, fitur ini dapat juga digunakan saat sinyal handphone sedang mengalami perburukan. Cobalah menonaktifkan mode ini sementara waktu agar seluruh jaringan terputus, kemudian aktifkan ulang untuk mengamati perubahan pada sinyal.

2. Lakukan Pengamanan Jaringan

Cara mengatasi sinyal jelek dapat dilakukan dengan penguncian jaringan yaitu dengan memilih satu tipe jaringan. Default handphone selalu berada dalam posisi otomatis namun ubahlah mode tersebut menjadi mode 2G only (2G), mode 3G only (WCDMA), bisa juga 4G only (LTE). Bagi pengguna android, sebaiknya pilih mode 3G only (WCDMA) agar mendapatkan sinyal yang stabil.

3. Lekatkan Stiker Penerima Sinyal

Stiker penguat sinyal saat ini sudah dijual di berbagai toko baik online maupun offline. Cara kerjanya sangat mudah yaitu cukup menempelkan stiker ke smartphone, tunggu beberapa menit dan amati perubahan yang terjadi. Stiker penguat sinyal ini sangat membantu sinyal handphone yang sedang terganggu sehingga pengguna internet akan mendapat jangkauan sinyal yang jauh lebih baik.

Penggunaan stiker penguat sinyal ini hanya berfungsi untuk memperkuat sinyal yang jelek, bukan untuk menciptakan sinyal itu sendiri, sehingga stiker ini hanya dapat digunakan pada lokasi yang memang sudah jelas terdapat sinyal di sekitar. Harga untuk satu buah stiker sangat terjangkau, sehingga tidak ada salahnya untuk memilih cara ini saat mendapat sinyal yang buruk.

4. Unduhlah Aplikasi Penguat Sinyal

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan saat sinyal buruk adalah dengan mengunduh aplikasi penguat sinyal baik melalui PlayStore maupun AppStore. Beberapa aplikasi yang dapat diunduh adalah Signal Guard Pro, Signal Booster, dll. Namun lebih disarankan untuk mengunduh aplikasi Signal Guard Pro karena memiliki fitur yang lengkap dan dapat diakses secara gratis.

5. Janganlah Menutup Antena Smartphone

Saat menggunakan handphone, cobalah sesekali perhatikan posisi antenanya. Dengan mengetahui hal tersebut, setidaknya dapat membantu kita untuk mengetahui penyebab sinyal handphone mengalami perburukan. Jika menggunakan case handphone atau aksesoris lainnya, lepaskan untuk sementara agar tidak menghalangi antena. Bisa jadi hal tersebut menjadi penyebab terhambatnya penerimaan sinyal pada handphone yang digunakan.

6. Cobalah Mengganti Operator Yang Sedang Digunakan

Sinyal yang jelek ternyata tidak hanya karena handphone yang digunakan atau lokasi yang tidak tepat saja, tetapi juga bisa disebabkan oleh operator. Besar kemungkinan, operator yang sedang digunakan memiliki kesulitan dalam menjangkau sinyal yang baik. Maka dari itu, sebelum memilih kartu provider, pastikan terlebih dahulu apakah sinyal tersebut akan baik atau tidak.

Kelancaran dan kestabilan sinyal handphone sangat berpengaruh terhadap aktivitas sehari-hari khususnya bagi pekerja yang aktif di media sosial. Namun tidak perlu khawatir lagi ketika menghadapi sinyal yang jelek, karena 6 cara mengatasi sinyal jelek yang telah dibahas di atas akan sangat membantu memecahkan semua pertanyaan-pertanyaan yang erat kaitannya dengan segala permasalahan pada sinyal handphone.

 

banner 300x250

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.