Play Store merupakan platform aplikasi berbasis sistem Android yang memegang peran penting untuk mencari aplikasi, mengunduh games dan lain-lain. Namun, terkadang terdapat masalah pada Play Store seperti sulit dibuka. Terdapat 6 rekomendasi cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka.

Sistem yang terserang malware atau virus menjadi faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Jika Play Store tidak dapat diakses, maka akan menyulitkan pengguna Android dan membuat smartphone tidak bekerja secara optimal. Cara mengatasinya cukup mudah dan cepat, semua pengguna dapat mengikuti dan mencoba tanpa ada biaya atau usaha tambahan.

1. Restart Ulang Smartphone dan Hapus Semua Cache

Pengguna dapat memulai mencoba cara pertama ini, ketika dihadapkan pada permasalahan Play Store yang tidak dapat dibuka. Menghapus semua cache dan mematikan dan menghidupkan kembali smartphone pengguna adalah cara paling mudah dan cepat.

Salah satu pertolongan pertama apabila Play Store pengguna bermasalah. Jika smartphone sudah menyala kembali, segera buka aplikasi Play Store dan jalankan kembali. Pastikan semua aplikasi sudah tertutup dengan baik sebelum smartphone melakukan restart.

2. Hapus dan Tambah Ulang Kembali Akun Google

Jika cara pertama belum juga berhasil, maka alternatif berikutnya adalah penghapus lalu menambahkan ulang akun Google pengguna. Hal tersebut dikarenakan, permasalahan yang ada pada Play Store mungkin saja dikarenakan akun Google pengguna. Langkah-langkah yang dapat diikuti adalah seperti ini:

  • Buka “Settingan” atau “Pengaturan”.
  • Pilih menu “Google Account” atau “Akun Google”.
  • Klik opsi “Remove Account” atau “Hapus Akun”.
  • Lalu, log in kembali setelah beberapa saat.
  • Selesai.

3. Pastikan Masih Ada Ruang Pada RAM Smartphone

Salah satu alasan Play Store tidak bisa dibuka adalah RAM pada smartphone yang sudah penuh atau tidak memiliki ruang lagi. Hal ini merupakan hal yang sangat krusial, karena pengguna harus dapat mengatur aplikasi dan pemakaian data agar RAM tidak terisi penuh. Jika RAM sudah terlanjur penuh, yang perlu dilakukan adalah menghapus beberapa data tidak penting.

Proses menghapus data dan mengatur aplikasi dapat pengguna temukan dalam fitur “Settingan” atau “Pengaturan”. Menjaga smartphone agar terhindar dari data dan aplikasi yang tidak berguna adalah sebuah keharusan yang secara rutin diperiksa oleh pengguna. Karena, selain smartphone dapat terhindar dari malware atau virus juga dapat lebih awet dari segi penggunaan.

4. Perbarui Sistem Operasi Pada Smartphone

Cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka adalah memperbarui sistem operasi smartphone. Biasanya, smartphone akan terdapat pembaruan secara berkala untuk meningkatkan perkembangan sistem operasi. Pengguna harus secara rutin dapat memperbarui sistem operasi agar smartphone dapat bekerja optimal.

5. Atur Waktu dan Tanggal Pada Smartphone

Sistem operasi Android dibuat untuk serba tersinkronisasi dengan berbagai fitur, seperti kontak, aplikasi bahkan tanggal dan waktu. Jika Play Store tidak dapat dibuka, maka pengguna dapat memeriksa setelah waktu dan tangga. Caranya dapat diikuti sebagai berikut:

  • Buka “Settingan” atau “Pengaturan”.
  • Pilih opsi “Date & Time” atau “Tanggal & Waktu”.
  • Pilih “Automatic” atau “Otomatis”, pada opsi “Timezone”.
  • Selesai.

6. Lakukan Factory Reset

Cara terakhir yang dapat dilakukan adalah factory reset atau mengatur ulang smartphone secara keseluruhan. Pengguna dapat melakukan proses format smartphone yang mana semua data di dalamnya akan ikut hilang dan smartphone akan seperti baru. Maka dari itu, sebelum melakukan factory reset pengguna harus mengingat username dan password Google.

Selain itu, persiapkan data seluler dan internet yang stabil juga berfungsi untuk melancarkan proses factory reset ini. Untuk menyimpan data-data penting, pengguna sebaiknya melakukan proses back up terlebih dahulu. Hal tersebut agar data penting mudah untuk dikembalikan dan tidak hilang seluruhnya.

Cara mengatasi Play Store tidak bisa dibuka menggunakan 6 rekomendasi cara tersebut dapat dicoba sendiri di rumah oleh pengguna. Cara yang direkomendasikan juga mudah dan bebas biaya sama sekali. Pengguna menjadi tidak perlu khawatir lagi apabila Play Store error ataupun tidak bisa dibuka.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *