Salah satu sarana media sosial yang cukup sering digunakan adalah Facebook Lite. Namun, beberapa pengguna terkadang mengeluh karena aplikasi tersebut tidak dapat dibuka secara tiba-tiba. Hal tersebut tentu dapat menghambat komunikasi satu pengguna dengan pengguna lain. Lalu bagaimana cara mengatasi Facebook Lite yang tidak bisa dibuka dengan mudah?

Sebenarnya, ada banyak faktor penyebab Facebook Lite tidak dapat dibuka. Di antaranya seperti penyimpanan smartphone yang penuh, kuota yang tidak mencukupi, sinyal yang bermasalah, dan lain-lain. Namun pengguna tidak perlu risau, karena berikut ini akan diuraikan tentang cara mengatasi Facebook Lite yang tidak dapat dibuka dengan mudah.

1. Lakukan Verifikasi pada Facebook Lite

Cara pertama adalah dengan melakukan verifikasi pada akun Facebook Lite. Misalnya, memverifikasi identitas pribadi pengguna seperti foto atau menyebutkan tanggal lahir. Bahkan terkadang juga menanyakan pertanyaan keamanan.

Apa tujuan melakukan verifikasi? Hal ini bertujuan supaya ketika pengguna membuka akun Facebook Lite melalui browser, akun tetap dapat mengenali identitas pengguna. Terlebih lagi, Facebook Lite tidak memiliki fitur untuk memverifikasi ketika pengguna ingin menonaktifkan akun tersebut.

Baca Juga: Cara Mengatasi Virus Ransomware Yang Berbahaya

2. Hapus Cache Facebook Lite

Seringkali, pengguna bingung mengapa Facebook Lite tidak dapat dibuka. Penyebabnya bisa jadi ada pada aplikasinya sendiri. Pengguna hanya perlu menghapus sampah atau cache aplikasi tersebut. Cara tersebut cukup efektif untuk mengatasi masalah yang terjadi.

Pertama, buka pengaturan di ponsel dan cari menu aplikasi. Kemudian pilih aplikasi Facebook Lite dan tekan storage atau penyimpanan. Klik cache untuk membersihkan sampah aplikasi. Karena pengaturan setiap ponsel berbeda, maka pengguna perlu menyesuaikan setelan di ponselnya masing-masing.

3. Unduh Kembali Aplikasi

Pengguna dapat menghapus pemasangan aplikasi Facebook Lite dan mengunduhnya kembali. Namun setelah mencopot aplikasinya, sebaiknya biarkan beberapa saat, lalu baru unduh kembali. Hal ini bertujuan untuk mengatasi lag atau macet yang terjadi pada aplikasi.

Ketika ingin mengunduh aplikasi Facebook Lite, cara pemasangannya pun tetap sama. Instal aplikasi di PlayStore masing-masing smartphone. Setelah terinstal, pengguna dapat memasukkan username dan password yang sama dengan sebelumnya.

4. Perbarui Aplikasi

Jika ada pembaruan pada aplikasi Facebook Lite, sebaiknya pengguna rutin melakukannya. Caranya cukup mudah. Pengguna hanya perlu membuka Google Play Store. Lalu ketik Facebook Lite di kolom pencarian. Tekan update atau perbarui aplikasi. Tunggu beberapa saat hingga proses pembaruan selesai.

Namun beberapa pengguna bingung bagaimana cara mendapatkan pemberitahuan jika ada update terbaru. Untuk mengaktifkan notifikasinya, pengguna hanya perlu mencentang pada kotak enable auto update dengan menekan titik tiga pojok kanan atas. Setelah itu, pengguna akan mendapatkan notifikasi setiap saat jika ada update terbaru.

5. Muat Ulang/Restart Ponsel

Cara mengatasi Facebook Lite yang tidak bisa dibuka dengan mudah adalah dengan memuat ulang smartphone. Cukup sederhana, namun hal ini dapat membantu pengguna untuk membuka kembali aplikasi. Cara ini efektif dilakukan ketika memori penyimpanan smartphone penuh atau ketika ponsel sedang dalam kondisi lag.

6. Periksa Jaringan Ponsel

Masalah ini juga sering terjadi ketika ingin membuka aplikasi media sosial, termasuk Facebook Lite. Untuk mengetahui bagaimana kondisi jaringan di ponsel, pengguna bisa mengeceknya dengan membuka aplikasi lain, seperti youtube, instagram, dan sebagainya. Jika memang tidak bisa dibuka, maka dipastikan jaringan ponsel pengguna sedang bermasalah.

Namun jika ternyata jaringan ponsel tetap normal, berarti menunjukkan bahwa aplikasi itulah yang sedang bermasalah. Bisa jadi memang error atau mungkin sedang ada perbaikan aplikasi dari pihak pengembang.

Demikianlah pemaparan mengenai 6 cara mengatasi Facebook Lite yang tidak bisa dibuka dengan mudah. Sebenarnya masih banyak lagi metode mengatasinya, namun keenam cara diatas diharapkan dapat membantu para pengguna mengatasi permasalahannya.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *