Saat ingin memulai untuk membuka usaha dagang, pastinya harus mencari persediaan barang terlebih dahulu baik itu dari pabrik, supplier ataupun distributor. Sebab, dengan begitu bisa memperoleh harga yang lebih terjangkau daripada beli satuan agar bisa menentukan harga jual kepada calon pembeli. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mendapatkan barang dari distributor bagi pemula bisnis.

Sebenarnya, bagi pebisnis maupun pedagang mengambil laba yang cukup besar merupakan haknya, asal tidak merugikan pembeli. Membeli barang dengan jumlah banyak atau disebut juga dengan kulakan pada distributor, merupakan cara untuk menerima harga yang lebih murah. 

Hal tersebut bertujuan agar dapat dijual lagi dengan harga yang layak dan modal yang dikeluarkan tidak terlalu banyak. Adapun cara untuk memperoleh barang secara langsung dari distributor yaitu:

1. Pergi ke Pasar Distributor

Langkah pertama, yang bisa dilakukan untuk mendapatkan produk dari distributor adalah melalui cara mendatangi pusat pasar tempat berkumpulnya para distributor. Biasanya di pasar tersebut, para pemasok berkumpul untuk menjual barang – barang dagangannya. Misalnya seperti di pasar Tanah Abang yang terkenal sebagai pasar distributor pakaian ataupun kain.

2. Datang ke Pameran atau Bazar

Cara mendapatkan barang dari distributor berikutnya yaitu dengan pergi ke pameran atau bazar yang sedang diselenggarakan oleh para produsen ataupun distributor. Biasanya, pada acara tersebut para pemasok atau penyuplai akan menjual berbagai macam barang yang mungkin dapat ditemui. Bila ada yang cocok, cobalah tanyakan harga barang tersebut bila ingin membeli dengan jumlah yang banyak.

3. Gabung dengan Komunitas

Untuk memperoleh produk dari distributor, juga bisa melalui cara join dengan suatu komunitas dari para pedagang. Hal tersebut bertujuan untuk mencari informasi tentang distributor yang bisa dipercaya dari para pedagang lain yang gabung di komunitas tersebut. Biasanya tak jarang pula ada pemasok barang yang juga ikut dalam perkumpulan tersebut.

4. Cari di Majalah Bisnis

Langkah selanjutnya, yang bisa dilakukan selain ketiga cara diatas adalah dengan berlangganan dan membaca majalah bisnis. Karena , media tersebut terkadang terdapat beberapa iklan suatu produk yang mungkin sedang dicari. Jika hal tersebut muncul, tindakan yang harus dilakukan yaitu dengan menghubungi kontak person yang terdapat pada lembar iklan tersebut.

5. Telusuri di Google

Selain itu, untuk memperoleh barang dari pemasok juga bisa dengan mencari website tokonya di google. Caranya cukup mudah, hanya dengan mengetikkan nama barang yang ingin kamu beli di kolom pencarian, lalu pilih link halaman website toko yang menjual barang tersebut dan catat kontak distributornya serta alamatnya juga bila perlu.

6. Kunjungi Marketplace

Saat ini sudah banyak marketplace yang beredar di Indonesia sebagai tempat untuk kulakan barang secara online. Contohnya lazada, blibli, shopee. Tokopedia dan masih banyak lainnya. Pada aplikasi tersebut, pembeli bisa memperoleh barang dengan harga yang ramah dikantong. Pembeli juga bisa membandingkan harga barang dari beberapa toko yang ada pada marketplace itu.

Itulah tadi beberapa cara mendapatkan barang dari distributor dengan gampang untuk memperoleh harga yang lebih murah. Namun sebelum menetapkan pemasok mana yang akan dipilih, pastikan terlebih dahulu alamat, kontak, cek feedback dan ratingnya pada website distributor yang akan dipakai. 

Dan bila sudah terpilih pastikan periksa dengan teliti kondisi dan kualitas barang yang akan dibeli. Jangan sampai jika sudah transaksi, ada barang yang ternyata dalam kondisi rusak.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *