Dalam dunia website, menaikkan traffic atau lalu lintas kunjungan ialah hal yang paling utama. Namun, dibalik semua itu, kecepatan dari loading suatu website juga tidak kalah pentingnya dalam rangka menarik perhatian para pengunjung. Karenanya, cara mempercepat loading website ini sangat diperlukan terlebih bagi pemula yang baru mengenal dunia website.

Tentu saja mempercepat loading dari sebuah website bukanlah seperti memasak mie instan. Ada beberapa cara jitu yang dapat dicoba untuk mewujudkan loading website yang cepat. Untuk lebih lengkapnya, inilah beberapa cara jitu untuk mempercepat loading website yang cocok bagi pemula.

1. Mengurangi Plugin Yang Kurang Diperlukan

Pada suatu website, adanya plugin memang diperlukan atau bahkan sangat dibutuhkan untuk memperindah atau bahkan mendukung performa suatu website. Namun, tak jarang jika seorang blogger terlalu banyak menggunakan plugin dengan harapan ingin memberikan tampilan terbaik bagi para pembacanya.

Namun sayangnya, terlalu banyak menggunakan plugin justru akan memicu lemot atau loading yang berjalan lama. Oleh karena itu, untuk mencegah atau memperbaiki loading yang lama pada website, blogger pemula perlu mengurangi penggunaan plugin. Gunakanlah plugin yang penting saja dan benar-benar dibutuhkan.

2. Menggunakan Gambar Yang Kecil

Salah satu cara mempercepat loading website yang tak kalah penting adalah menggunakan gambar yang  berukuran kecil pada website. Ukuran gambar yang ideal umumnya adalah tidak lebih dari 1 Mb. Sebelum mengupload pada website, blogger perlu untuk memperhatikan ukuran gambar tersebut.

Jika gambar yang dimiliki terlalu besar, maka blogger bisa melakukan kompres gambar atau memperkecil ukuran gambar melalui aplikasi atau website terlebih dahulu. Dengan begitu, gambar akan menjadi lebih ringan dan tidak mempengaruhi loading pada website.

3. Menggunakan Caching

Jika blogger disarankan menggunakan plugin yang penting-penting saja demu mencegah loading lama pada website, maka gunakanlah caching sebagai salah satu plugin. Inilah cara mempercepat loading website yang juga tak bisa dilewatkan oleh blogger pemula.

Catching adalah plugin yang berfungsi sebagai media penyimpanan sementara bagi website yang juga ditujukan untuk mengurangi loading atau mempercepat jalannya website. Umumnya, catching sering digunakan pada website jenis WordPress. Dengan menggunakan catching maka web akan menjadi lebih cepat dan bisa meminimalisir loading.

4. Mengaktifkan Plugin Gzip Compression

Selain plugin catching, ada pula plugin yang ditujukan untuk mempercepat loading suatu website adalah Gzip Compression. Ada banyak cara untuk menggunakan plugin ini bahkan bisa dengan menggunakan aplikasi tambahan yang di download secara terpisah. Gzip umumnya akan membantu para blogger untuk mengurangi ukuran file yang di upload pada website.

Meski ukuran file dikurangi, namun Gzip tidak akan mengurangi tulisan pada file atau mengurangi data apapun. Bahkan, kualitas dari gambar pun tidak akan berubah meskipun ukuran gambar telah diperkecil.

5. Mengoptimalkan Database Pada Website

Mengoptimasi database ialah cara mempercepat loading website yang cukup banyak diketahui dan telah digunakan oleh banyak blogger. Tentu saja, jika cara ini banyak digunakan mala pengoptimalan ini cukup penting untuk dilakukan.

Jika umumnya para blogger akan menggunakan coding yang panjang dan rumit, maka para pemula yang baru memulai bisa pula menggunakan plugin optimasi yang lebih mudah. Jika database telah dioptimasi, maka segala file atau gambar yang diupload akan diperkecil secara otomatis sehingga tidak menyebabkan loading website menjadi lama.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara mempercepat loading website bagi blogger pemula. sekalipun termasuk pemula, namun harus tetap memberikan dan melakukan yang terbaik untuk website yang dibangun dengan menata plugin yang digunakan. Dengan begitu, pengunjung akan datang dan menaikkan traffic website.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *