Meal plan dan food preparation menjadi istilah yang semakin umum beberapa waktu ke belakang. Salah satu keuntungan melakukan meal plan dan food preparation adalah penghematan waktu masak. Jika digabungkan dengan belanja via aplikasi grocery, food preparation dan meal plan Anda bisa jauh lebih maksimal.

Ada banyak alasan yang mendorong seseorang melakukan perencanaan dan persiapan makan. Yang paling umum adalah untuk meningkatkan efisiensi waktu masak. Selain itu, food preparation juga membantu Anda lebih hemat dan tentu saja lebih sehat juga.

Apa Bedanya Meal Plan dan Food Preparation?

Secara sederhana, meal plan adalah perencanaan menu makan. Anda bisa membuat meal plan untuk satu bulan, satu pekan, atau bahkan untuk satu hari. Namun, umumnya meal plan dibuat untuk satu pekan.

Sedangkan food preparation adalah cara Anda menyimpan dan menyiapkan makanan. Biasanya, food preparation dilakukan setelah bahan makanan yang Anda beli dari aplikasi grocery sampai. Setelah itu, bahan makanan dipisahkan sesuai aturan penyimpanannya. Sehingga, umur simpan bahan makanan bisa lebih panjang.

belanja di aplikasi grocery
belanja di aplikasi grocery

Tips Meal Plan Mudah untuk Pemula

Untuk pemula, menyiapkan jadwal masak untuk satu pekan bisa cukup membingungkan. Agar lebih memudahkan, Anda bisa menggunakan tips berikut ini sebagai acuan:

1. Pilih Bahan Makanan dan Resep Dasar

Sebagai permulaan, Anda bisa mulai dari resep-resep sederhana dan mudah. Saat belanja bahan masakan di aplikasi grocery, usahakan Anda membeli bahan yang mudah dikreasikan. Seperti telur, wortel, kentang, atau beberapa sayuran hijau.

Buat rencana masak yang lebih sederhana untuk hari kerja. Dan di akhir pekan, Anda bisa berkreasi dengan resep yang sedikit lebih rumit dan kompleks.

2. Buat Daftar Belanja

Membuat daftar belanja adalah kunci penting meal plan. Anda bisa mulai dengan memeriksa bahan makanan yang sudah Anda miliki dan tambahkan bahan lain yang mungkin diperlukan. Cara ini akan sangat membantu untuk mengurangi sampah basah di rumah.

Selain itu, usahakan buat daftar menu dengan bahan yang mirip. Selain menghemat biaya, cara ini juga membuat Anda terhindar dari belanja secara berlebihan.

3. Lakukan Food Preparation

Food preparation adalah bagian penting dari meal plan. Selain memperpanjang waktu penyimpanan setiap barang, food preparation juga membantu Anda menghemat waktu masak. Baik saat sarapan, menyiapkan bekal, ataupun makan malam.

4. Tentukan Waktu Belanja dan Menyusun Meal Plan

Melakukan meal plan dan food preparation mungkin akan menghabiskan waktu yang cukup panjang. Karena itu, akan lebih baik jika Anda melakukannya di waktu yang agak luang menurut Anda. Kemudian, pastikan Anda menjadwalkannya secara rutin.

Jika Anda bekerja, akhir pekan bisa menjadi waktu yang tepat untuk berbelanja dan menyusun meal plan. Dengan begitu, Anda memiliki waktu yang lebih santai untuk menyusun menu makan dan melakukan food preparation.

Setelah terbiasa dengan jadwal yang Anda buat, Anda akan semakin lancar dan santai melakukan meal plan dan food preparation. Anda juga akan mulai mengetahui jenis bahan makanan apa yang rutin Anda beli. Agar meal plan yang Anda buat semakin optimal, Anda bisa membeli bahan masakan langsung dari aplikasi seperti Sayurbox.

Aplikasi grocery Sayurbox bisa Anda dapatkan dengan mudah di Playstore atau melalui link https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sayurbox&hl=en&gl=US. Dengan belanja melalui aplikasi, Anda bebas menentukan jam pengantaran dan terbebas dari repotnya membawa barang belanjaan yang berat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *