Asihta Aulia, Masa Depan Triathlon Indonesia

(Atlet Triathlon asal Surabaya, Asihta Aulia Azzahra mencapai garis finish pada perlombaan Belitung Triathlon Asian Championship Series di Pantai Lor-In, Tanjung Tinggi Kecamatan Sijuk Kabupaten, Minggu (7/7/2019). Aulia menjadi atlet perempuan tercepat pada kategori sprint distance. MC Belitung/Arlan Firnandi)

Asihta Aulia Azzahra, gadis yang kerap tampil di event Triathlon Nasional dan Internasional dengan membawa bendera Indonesia, telah menjadi sorotan dan membawa masa depan baru bagi olahraga Triathlon di Indonesia dan kancah dunia. Seorang gadis kelahiran 2000 ini mengaku bahwa yang membawa nya ke cabang olahraga Triathlon adalah ‘Passion’. Dia mengatakan bahwa Triathlon adalah olahraga yang cukup menantang dan menyenangkan.

Triathlon sendiri adalah cabang olahraga, gabungan dari Renang, Sepeda dan Lari. Umumnya Triathlon dimulai dengan berenang di tepi laut (pantai), dilanjutkan dengan mengayuh sepeda, dan diselesaikan dengan berlari. Untuk jarak yang ditempuh pada olahraga Triathlon sendiri ada dua, yaitu Sprint Distance (Renang 750m, Sepeda 20km, dan Lari 5km) dan Olympic/Standard Distance (Renang 1500m, Sepeda 40km dan Lari 10km). Untuk event Ironman Triathlon, jarak nya juga ada dua, yaitu Ironman 70.3 (Renang 1.9km, Sepeda 90km dan Lari 21km) dan Full Ironman dengan jarak yang cukup fantastis, yaitu berenang 3.9km, sepeda 180km dan lari 42km.

Asihta sendiri juga mengaku telah mengikuti berbagai perlombaan Nasional di Indonesia maupun di Internasional. Dirinya mengaku sering mengikuti perlombaan di kategori Sprint Distance Triathlon dan Olympic Distance Triathlon. Dan pernah mengikuti perlombaan Internasional dengan jarak yang cukup jauh seperti ITU World Cup 2019 di Wenzhou China dan Ironman 70.3 Langkawi-Malaysia.

‘Saya suka traveling dan mencari olahraga yang menantang, lalu saya menemukan olahraga Triathlon, saya mencari tahu bagaimana cara dalam melakukan olahraga tersebut dengan mendatangi dan melihat event tahunan Triathlon di Bali yaitu Herbalife Nutrition Triathlon Bali 2017, dan saya semakin ingin segera mengikuti perlombaan Triathlon-waktu itu. Triathlon itu olahraga yang sering dilaksanakan di pantai, dengan disuguhkan pemandangan yang sangat indah di rute sepeda maupun larinya, dan setiap wilayah/negara yang mengadakan event Triathlon sendiri memiliki nuansa dan ciri khas yang berbeda-beda, hal tersebut-lah yang membuat saya jadi sangat menyukai Triathlon’, tutur Asihta.

Asihta Aulia memulai karir nya di dunia Triathlon sejak Desember 2017. Pada usianya yang masih 17 tahun, ia bercerita tentang lomba Triathlon pertama nya di Surabaya, dan latihan singkatnya dengan sepeda roadbike.

‘Event Triathlon pertama saya di Surabaya, dengan jarak Standard Distance, saya menyukai berenang di perairan terbuka, dan menikmati jalur sepedanya yang menyeberangi jembatan Suramadu-kala itu, meskipun baru belajar sepeda roadbike tiga kali saja sebelum lomba, tapi saya sangat bersyukur perlombaan berjalan dengan aman dan lancar, serta bersyukur dapat berada di posisi ketiga bersama dengan atlit-atlit Nasional di Triathlon pertama saya, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada teman dan keluarga yang selalu memberikan dukungan kepada saya selama perlombaan itu berlangsung’ ucap Asihta, gadis yang mempunyai senyum manis itu.

Sekarang Asihta sedang melanjutkan studi nya dan berkarir di cabang olahraga Triathlon.

Prestasi luar biasa Asihta Aulia, semoga dapat semakin meningkat dan terus bersinar di kancah Nasional dan Internasional, serta dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

 

Ingin brand anda diliput? hubungi marketing kami di kerjasama@casakreatif.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *