Apa Itu Direct Response Copywriting ! Simak Penjelasan Lengkapnya Berikut Ini !

Table of content:
Jika Anda tertarik mempelajari copywriting, maka pastikan Anda juga mempelajari teknik Direct Response Copywriting. Teknik sangat berguna untuk mengoptimalkan tujuan dari copywriting milik Anda. Lalu, apa itu Direct Response Copywriting?
Tenang saja ! Artikel ini akan menyajikan pembahasan lengkap mengenai Direct Response Copywriting. Simak sampai selesai, ya !
Apa Itu Direct Response Copywriting
Berikut adalah penjelasan mengenai Direct Response Copywriting yang harus Anda ketahui :
Baca juga : 5 Cara Promosi Marketing Awal Bisnis Online yang Mudah
1. Apa itu Copywriting?
Sebelum mengetahui apa itu Direct Response Copywriting terlebih dahulu Anda harus memahami apa itu copywriting. Copywriting merupakan salah satu teknik yang digunakan dalam penulisan agar tulisan tersebut bisa mempengaruhi tindakan para pembacanya sesuai dengan tujuan dari tulisan tersebut.
Bahasa mudahnya, saat seseorang membuat sebuah tulisan, maka tulisan tersebut bisa menarik minat dari para pembacanya untuk mengikuti tujuan dari konten tersebut. Nah, copywriting tidak hanya digunakan untuk kebutuhan penulisan pada website saja, lho.
Copywriting bisa Anda jumpai dalam berbagai bidang atau platform, seperti blog, iklan, artikel, koran, majalah, dan media lainnya. Harapan dari penulisan copywriting dari tulisan atau konten yang dibuat adalah para pembaca dapat tertarik dan melakukan tindakan yang diinginkan dari tulisan tersebut.
Teknik copywriting biasa digunakan untuk kepentingan bisnis. Teknik copywriting ada banyak, diantaranya :
- Direct Response Copywriting
- Marketing Copywriting
- Brand Copywriting
- SEO Copywriting
- Technical Copywriting
2. Pengertian Direct Response Copywriting
Apa itu Direct Response Copywriting? Direct Response Copywriting merupakan jenis copywriting yang bertujuan untuk memperoleh tanggapan langsung dari para konsumen. Contohnya saat tulisan ingin mengarahkan konsumen berlangganan ebook, untuk mengklik tombol CTA, membagikan suatu konten, dll.
Apabila Anda seorang pebisnis yang sedang berjualan online dengan social media platform atau marketplace tertentu, maka teknik ini sangat cocok untuk pengembangan bisnis Anda. Dengan adanya tulisan yang mengarahkan konsumen ke aktivitas pembelian akan membuat transaksi bisnis Anda makin ramai.
Baca juga : Wajib Coba! 5 Cara Menghemat Pengeluaran Promosi Untuk Keuntungan
3. Tips Untuk Menulis Direct Response Copywriting
Setelah mengetahui apa itu Direct Response Copywriting, kini saatnya Anda mengetahui tips untuk menulis Direct Response Copywriting:
a. Ketahui Market Konsumen
Sebelum menulis Direct Response Copywriting, pastikan Anda tahu siapa market konsumen Anda. Dengan mengetahui market konsumen, Anda bisa mengidentifikasi jenis dan gaya bahasa yang sesuai dengan tipe konsumen. Sesuaikan juga jenis tulisan Anda dengan umur, budaya, dan tren yang ada.
b. Gunakan Judul Menarik
Jika dari judul saja pembaca tidak tertarik pada tulisan Anda, maka bisa dipastikan dia tidak melanjutkan membaca tulisan yang Anda buat. Pembaca akan selalu menilai tipe tulisan dari judul pertama sebuah bacaan. Maka pastikan judul yang Anda buat menarik, ya ! Gunakan clickbait yang bombastis !
Baca juga : 5 Tips Lengkap Berbisnis Online Dari Awal Sampai Cuan
c. Pakai Prinsip AIDA Dalam Tulisan
Apa itu AIDA? AIDA merupakan akronim dari Attention, Interest, Desire dan Action. Berikut adalah penjelasan dari prinsip AIDA yang harus Anda ketahui :
- Attention bermaksud tulisan mampu menarik perhatian pembaca.
- Interest bermaksud tulisan harus mampu membuat pembaca tertarik secara konsisten. Dengan begitu, pembaca akan membaca tulisan Anda sampai selesai.
- Desire bermaksud tulisan harus menstimulasi keinginan pembaca. Dengan begitu, pembaca akan lebih mudah untuk dipengaruhi
- Action bermaksud tulisan harus mampu membuat para pembaca mengambil respon tindakan seperti membeli barang atau yang lain.
Baca juga : Jenis-Jenis Copywriting Yang Perlu Anda Ketahui Sesuai Kebutuhan
Itulah penjelasan lengkap dari apa itu Direct Response Copywriting. Pastikan Anda menggunakan teknik ini dalam tiap tulisan copywriting yang Anda buat. Semoga artikel ini membantu.