Apa Itu AIDA? Simak Penjelasan Lengkapnya Berikut Ini

Apa itu AIDA.png

Apakah Anda sedang mengupayakan peningkatan penjualan produk? Jika iya, Anda bisa menggunakan model AIDA dalam setiap strategi penjualan yang akan dilakukan. Lalu, apa itu AIDA? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Setiap bisnis pasti membutuhkan model AIDA untuk membuat berbagai strategi penjualannya. Oleh karena itu, Anda harus memahami secara tuntas apa itu model AIDA.

Apa Itu AIDA?

AIDA merupakan salah satu jenis model marketing yang bisa mengidentifikasi tahapan transaksi yang dialami seorang konsumen dalam proses pembelian suatu produk dan layanan. Model ini bisa menjelaskan bagaimana proses atau tahapan pembelian yang dilakukan oleh seorang konsumen. Jika Anda menerapkan model ini pada tiap strategi penjualan, kemungkinan penjualan Anda akan meningkat.

Baca juga : Pengertian Media Marketing dalam Pemasaran Digital

Nah, setelah mengetahui apa itu AIDA, sekarang waktunya Anda mempelajari tahapan-tahapannya. Simak penjelasan lengkapnya sebagai berikut :

1.    Awareness

Awareness merupakan tahapan pertama model AIDA. Pada tahap ini brand harus menciptakan kesadaran atau daya tarik konsumen terhadap produk atau jasa yang dijual.

Jika Anda ingin meningkatkan awareness calon konsumen, maka teknik yang paling efektif adalah dengan beriklan. Pastikan iklan yang Anda pasang sudah disesuaikan dengan target market dari produk penjualan.  Selain itu, bisa juga menambahkan konten iklan yang provokatif untuk menarik perhatian para konsumen. Personalisasi iklan juga penting untuk meningkatkan bonding dengan mereka.

2.    Interest

Jika Anda sudah mendapatkan awareness dari konsumen, selanjutnya Anda hanya perlu mempertahankannya. Mempertahankan awareness konsumen lebih sulit dari sekedar mendapat awareness dari konsumen. Apalagi jika produk atau layanan Anda pernah memberikan kesan buruk pada mereka.

Oleh karenanya pastikan selalu menyiapkan produk atau layanan terbaik sebelum beriklan secara besar-besaran. Menjaga minat konsumen merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh setiap pebisnis.

Namun, Anda tidak perlu khawatir ! Banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk terus mempertahankan minat konsumen. Salah satunya adalah dengan memberikan sesuatu yang selalu relevan dan menarik pada produk atau layanan Anda. Perhatikan juga iklan yang Anda buat, lho ! Jangan sampai konsumen kesal atau bosan dengan konten iklan yang begitu-begitu saja. Buatlah iklan yang menarik dan sesuai dengan psikologis konsumen.

Baca juga : Apa Itu Direct Response Copywriting ! Simak Penjelasan Lengkapnya Berikut Ini !

Anda bisa menginformasikan apa saja keunggulan dari produk Anda yang akan membuat konsumen membelinya hingga melakukan retensi. Namun, jangan lupa riset terlebih dahulu, ya ! Dengan melakukan riset, Anda dapat membuat konten yang tepat dan relevan dengan segala kebutuhan konsumen.

3.    Desire

Tahap ketiga dari model AIDA adalah desire. Pada tahap ini, konsumen telah mempercayai dan tertarik dengan produk yang Anda tawarkan. Sekarang saatnya Anda meningkatkan ikatan emosional yang lebih personal dengan konsumen.

Nah, tahap ini sangat penting untuk lebih banyak menunjukkan keunggulan dari brand atau produk. Jika ingin lebih efektif, buatlah konsumen tak hanya menginginkan produk Anda, namun juga membutuhkan produk tersebut.

Caranya memang tidak mudah ! Anda harus menyiapkan banyak data yang mendukung keunggulan dari produk. Siapkan juga testimoni-testimoni yang paling akurat sehingga bisa merubah psikologi konsumen dari tahap keraguan menjadi keyakinan.

4.    Action

Tahap terakhir dari model AIDA adalah aksi. Pada tahap inilah konsumen biasa melakukan pengambilan keputusan untuk membeli suatu produk atau tidak. Diantara bentuk-bentuk yang dilakukan konsumen untuk membuat pertimbangan keputusan adalah dengan melakukan panggilan telepon, mengunjungi website, berlangganan newsletter, mengunjungi toko, dan lain-lain.

Tentu saja, tidak ada yang bisa menjamin bahwa proses pemasaran akan selalu berakhir dengan penjualan. Namun, Anda bisa menerapkan berbagai strategi untuk mengupayakan, bukan? Tahap Action juga akan memberikan impresi baru dari konsumen terhadap produk Anda. Maka pastikan untuk menyiapkan produk dengan kualitas terbaik.

Baca juga : 5+ Tips Bisnis agar Pelanggan Repeat Order dengan Mudah!

Itulah penjelasan lengkap mengenai apa itu AIDA. Sebaiknya segera gunakan model ini untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis Anda. Semoga artikel ini membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *