Laptop dan wifi saat ini bisa diibaratkan sebagai roti dan selai. Orang-orang bisa memakan roti tanpa selai namun tidak terasa enak maksimal. Begitulah juga laptop tanpa wifi rasanya. Oleh karenanya jika tiba-tiba terjadi masalah laptop tidak bisa connect ke wifi bisa membuat pemiliknya panik dan pusing.

Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya tarik nafas terlebih dahulu dan jangan panik. Pada dasarnya masalah ini bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan secara berlebihan. Hal tersebut karena ada pemecahan masalah ini. Selain mengetahui cara mengatasi masalah Wifi yang tidak bisa connect ini, pengguna juga perlu mengetahui alasan masalah ini. Semuanya ada pada ulasan berikut:

Alasan Laptop Tidak Bisa Connect ke Wifi

Saat menghadapi masalah berupa laptop yang sulit terhubung dengan wifi, pengguna harus mencari apa alasan atau penyebabnya. Hal tersebut tentu saja harus dilakukan agar mendapatkan cara yang tepat untuk mengatasinya. Berikut ini alasan yang mungkin saja menjadi penyebab mengapa laptop tidak bisa terkoneksi dengan wifi :

  • Lupa menyalakan ikon wifi dalam laptop atau lupa mematikan mode airplane sehingga tentu saja membuat wifi tidak bisa tertaut.
  • Jaringan atau routernya yang bermasalah.
  • IP jaringan kedaluwarsa atau driver tidak ter-update.
  • Password wifi salah karena lupa.

Itulah tadi beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab laptop tidak bisa konek ke WiFi. Sebelum pemilik laptop panik, sebaiknya cek dan pastikan terlebih dahulu faktor-faktor penyebabnya satu persatu. Setelah ketemu alasannya bisa cek di bawah ini untuk mengatasi permasalahannya dengan tepat.

Baca Juga: Motor Honda Keluaran Terbaru Yang Wajib Dinantikan

Cara Menyelesaikan Masalah Laptop Tidak Bisa Connect ke Wifi

Pembahasan di atas sudah dijelaskan beberapa alasan yang membuat laptop tidak mau konek dengan wifi. Maka dari itu jika ada masalah tentunya juga ada solusi yang bisa digunakan. Inilah cara mengatasi laptop yang tidak bisa terkoneksi dengan wifi :

  • Jika lupa menyalakan ikon wifi atau lupa mematikan mode airplane. Caranya tinggal nyalakan ikon wifi dan matikan mode airplane. Menu ini umumnya bisa ditemukan di menu bar yang terletak di bawah kanan layar.
  • Apabila jaringan atau routernya yang bermasalah, pengguna bisa mencoba merestartnya kembali, atau hubungi teknisi operator internet yang bersangkutan.
  • Jika IP jaringan kadaluarsa bisa diatasi dengan masuk ke dalam control panel. Setelah itu pilih menu network and internet, lanjut ke network and sharing center. Masuk ke basic network informations and set up connections, dan ke manage wireless network untuk menghapus cache.
  • Apabila driver tidak ter-update, bisa dilakukan update atau install ulang driver. Masuk ke my computer, ke device manager, lalu network adaptor, uninstall, selanjutnya klik kanan untuk scan for hardware changes. Nanti akan terinstall secara otomatis kembali.
  • Jika password wifi salah, silahkan ingat-ingat ulang kembali, atau ubah password baru.
  • Selain itu, perbaikan wifi bisa dilakukan secara otomatis melalui troubleshooting. Jika terdapat masalah di menu wifi akan ada peringatan tanda seru. Bisa klik itu dan menunggu sistem menganalisis masalahnya, dan memperbaikinya sendiri.

Itulah dia alasan laptop tidak bisa connect ke wifi dan cara mengatasinya. Perbaikan bisa dilakukan sendiri dengan membaca petunjuk di atas. Namun, jika sudah mencoba cara-cara tersebut namun tidak berhasil juga sebaiknya di bawa ke tukang reparasi komputer. Karena bisa jadi yang rusak bagian hardware bukan software, yang harus ditangani langsung oleh ahlinya agar tidak menyebabkan kerusakan yang lebih besar.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *