Untuk memaksimalkan kinerja laptop atau komputer biasanya dibutuhkan perangkat-perangkat tambahan, seperti USB. Namun, bagaimana jika USB tersebut tidak bisa terhubung? Hal tersebut ditandai dengan munculnya notifikasi USB Not Recognize. Namun, pengguna tidak perlu khawatir. Berikut ini 6 cara mengatasi USB not recognize dengan mudah:

1. Menyalakan Ulang Laptop atau Komputer

Salah satu cara mengatasi USB not recognize yang sering diterapkan adalah menyalakan ulang perangkat. Jika menggunakan laptop maka pengguna bisa klik Restart pada Power Settings. Sedangkan jika menggunakan komputer pengguna bisa memilih melakukan restart atau bisa juga mencabut power supply. Tunggu beberapa saat lalu nyalakan kembali laptop atau komputer tersebut.

Baca Juga: Fungsi Air Radiator Mobil Yang Harus Dipahami

2. Merestart USB

Maksud dari merestart USB adalah mencabut USB tersebut dari port-nya dan setelah itu memasangnya kembali. Biasanya ketika pertama kali dipasang perangkat tidak bisa mendeteksi USB tersebut sehingga muncul notifikasi USB not recognize. Perangkat baru bisa mendeteksinya ketika USB dicabut dan dipasang kembali. Pengguna juga bisa mencoba memasang USB pada port lain yang tersedia.

Jika pada percobaan kedua dan ketiga laptop atau komputer tetap tidak mendeteksi perangkat yang dihubungkan maka bisa jadi perangkat tersebut yang rusak. Kerusakan ini sering terjadi pada flashdisk. Flashdisk sangat rentan terpapar zat seperti debu dan cairan yang bisa merusaknya. Oleh karena itu pengguna harus selalu menyimpannya di tempat yang aman.

Ada kalanya yang mengalami kerusakan bukanlah perangkat atau komputernya, tetapi adalah port USB itu sendiri. Untuk mengeceknya pengguna bisa mencoba menghubungkan perangkat lain melalui port tersebut. Jika komputer tetap belum bisa mendeteksinya maka ada kemungkinan bahwa port itu mengalami kerusakan. Langkah terbaik untuk memperbaiki port USB adalah dengan membawanya ke service center.

3. Memperbarui Device Driver

Device Driver digunakan untuk mengakses fungsi dari Device pada laptop dan komputer. Pengguna perlu memperbaharuinya ke versi terbaru untuk menghindari error yang mungkin terjadi. USB not recognize juga bisa disebabkan oleh Driver yang belum diupdate. Caranya adalah dengan masuk ke Device Manager, lalu cari Universal Bus. Kemudian, temukan menu Unknown Device dan pilih Update Driver.

4. Mematikan Power Management pada USB Root Hub

Untuk melakukannya pengguna bisa masuk ke Device Manager. Kemudian, klik opsi Universal Serial Bus Controllers. Setelah itu, masuk ke menu Power Management pada opsi Root Hub. Pada pilihan ‘Allow computer to turn off this device…’ hapuslah tanda centangnya. Klik Ok untuk menyimpan dan lakukan restart pada komputer atau laptop. Jika sudah, pasang kembali USB-nya.

5. Melakukan Scanning

Ketika laptop atau komputer tetap tidak bisa mendeteksi perangkat maka pengguna perlu melakukan scanning. Proses scan ini bertujuan untuk memindai perubahan dan komputer akan otomatis melakukan refresh. Caranya adalah dengan membuka devmgmt.msc melalui fitur Run. Kemudian pilih menu action dan klik opsi Scan for Hardware Changes. Selanjutnya coba pasang kembali USB-nya.

6. Mengelola Hidden Device

Pada laptop atau komputer biasanya terdapat perangkat USB yang sudah terinstall namun sudah lama tidak digunakan. Perangkat-perangkat itu disebut Hidden Device yang jika terlalu banyak akan menyebabkan munculnya notifikasi USB not recognize.

Oleh karena itu, pengguna perlu meng uninstallnya. Caranya dengan klik Show hidden device pada Device Manager, lalu pilih device yang ingin diuninstall.

Itulah tadi 6 cara mengatasi USB not recognize dengan mudah. Caranya pun berbeda-beda tergantung pada penyebabnya. Pengguna bisa melakukannya sendiri tanpa perlu membawa laptop atau komputernya ke service center. Jika pengguna ragu untuk memperbaikinya sendiri, sebaiknya konsultasikan dengan ahlinya.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *