6 Cara Membaca Novel Online Secara Efisien

Baca novel online
Baca novel online

Membaca novel online adalah salah satu kegiatan yang dapat dilakukan saat senggang. Namun, ada waktunya Anda memiliki kesibukan yang cukup padat. Pada saat seperti itu, membaca novel secara efisien akan sangat membantu. Sehingga, Anda tetap bisa mengerjakan hobi saat aktivitas sedang padat.

Lalu, adakah cara yang bisa dilakukan agar kegiatan membaca jadi lebih efisien? Berikut ini adalah 6 tips yang bisa Anda terapkan agar bisa membaca secara efisien.

1. Tentukan Tujuan Membaca

Sebelum mulai membaca novel, ada baiknya Anda memiliki tujuan membaca. Tidak semua buku dibaca dengan tujuan yang serius atau santai. Anda bisa saja menetapkan tujuan membaca untuk mempelajari sesuatu dari novel atau sekedar ingin menikmati cerita. Tidak ada salahnya menetapkan tujuan membaca yang sederhana.

Dengan memiliki tujuan membaca, Anda akan lebih mudah fokus saat membaca. Sehingga, kegiatan membaca jadi lebih efisien.

2. Gunakan Fitur Speed Reading

Fitur speed reading dapat membantu Anda membaca dengan lebih cepat. Sehingga, waktu yang digunakan untuk membaca jadi lebih singkat. Beberapa platform baca novel online ada yang menyediakan fitur ini di aplikasi atau situsnya.

Namun, kalau Anda menggunakan aplikasi yang tidak memiliki fitur speed reading juga tidak ada salahnya. Anda bisa mencoba melakukan teknik baca cepat saat membaca novel di aplikasi tersebut. Selain meningkatkan efisiensi, membaca cepat juga dapat mengasah kemampuan Anda dalam membaca.

3. Buat Jadwal Membaca

Jika Anda kesulitan menemukan waktu untuk membaca, cobalah untuk membuat jadwal membaca secara rutin. Tentukan waktu dan durasi membaca yang nyaman untuk Anda. Selain itu, Anda juga bisa menentukan jumlah halaman yang bisa dibaca dalam satu sesi.

Jadwal membaca ini dapat Anda letakkan di awal hari sebelum beraktivitas, di tengah hari saat beristirahat, atau di akhir hari setelah beraktivitas atau sebelum tidur. Setiap orang memiliki kenyamanan yang berbeda dalam menentukan jadwal membaca. Jadi, Anda bisa menetapkan waktu yang menurut Anda paling nyaman.

4. Hindari Gangguan

Salah satu gangguan umum saat membaca novel online adalah notifikasi dari ponsel atau komputer. Untuk menghindari hal ini, Anda bisa mematikan sementara notifikasi atau menggunakan fitur fokus. Dengan begitu, waktu Anda membaca tidak akan terdistraksi dengan notifikasi yang tidak perlu.

Selain itu, pilih tempat membaca yang tenang dan nyaman. Misalnya kamar tidur, ruang keluarga, atau perpustakaan. Tempat-tempat tersebut biasanya memiliki suasana yang cenderung tenang dan tidak banyak gangguan.

Novel online
Novel online

5. Gunakan Fitur Bookmark

Mencari halaman terakhir yang dibaca di novel online memang bisa cukup merepotkan. Agar lebih efisien, Anda bisa menggunakan fitur bookmark yang tersedia di platform. Dengan fitur ini, Anda bisa menemukan halaman terakhir yang dibaca dengan lebih mudah.

6. Fokus pada Cerita

Platform novel digital menawarkan pengalaman membaca yang lebih interaktif. Sehingga, Anda bisa membaca komentar atau diskusi dari pembaca lainnya. Namun, hindari membaca komentar sebelum Anda menyelesaikan novel yang Anda baca.

Cobalah untuk lebih fokus pada cerita novel yang Anda baca. Membaca komentar sebelum selesai membaca novel dapat mengganggu fokus saat membaca. Selain itu, kesenangan saat membaca juga bisa berkurang.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar membaca novel online jadi lebih efisien. Salah satu platform baca online yang bisa Anda pilih adalah https://gooddreamer.id/. Di platform ini, Anda bisa menemukan berbagai novel favorit dari banyak genre. Mulai dari romansa, horor, hingga sains fiksi.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *