5 Tips Lengkap Berbisnis Online Dari Awal Sampai Cuan

Tips lengkap berbisnis online dari awal sampai cuan

Generasi milenial sekarang ini sedang gencar-gencarnya menciptakan jati diri melalui pencapaian positif seperti berbisnis online. Bisnis online ini dinilai sangat menguntungkan bagi masyarakat. Selain karena keuntungannya yang besar, juga menciptakan lapangan pekerjaan. Bagi yang ingin memulai di dunia bisnis online, pastinya harus  memikirkan tips lengkap berbisnis online dari awal sampai cuan.

Mereka yang ingin memulai karir di dunia bisnis online, biasanya diawali dengan mengoleksi ilmunya dari mengikuti seminar-seminar yang diadakan, atau dengan menjadi pembicara utama dalam beberapa seminar. Ajang seminar ini tentunya jarang yang gratis dan bahkan bisa saja menyita banyak waktu. Maka dari itu, Anda dapat menyimak ulasan berikut untuk mengetahui tips lengkap berbisnis online ini.  

5 Tips Lengkap Berbisnis Online dari Awal Sampai Cuan

Untuk mengelola sebuah bisnis online, tentunya diperlukan pemikiran khusus di setiap tahapnya, sampai menjadi sebuah bisnis yang besar dan stabil. Karena itu, ulasan di berikut ini akan membahas 5 dasar tips lengkap berbisnis online dari awal sampai cuan.  Diantaranya:

Baca juga : 4 Rahasia Marketing Bisnis Affiliate yang Perlu Anda Ketahui

Langkah 1. Konsep

Pertama-tama yang harus Anda pikirkan dalam memulai bisnis online adalah konsep bisnis seperti apa yang akan dikembangkan. Ide mengenai apa yang akan Anda jual, di platform mana Anda akan menjajakan produk, serta siapa yang menjadi target Anda. Semua itu ada pada langkah pertama, yaitu konsep bisnis.

Secara umum, konsep bisnis memiliki 2 fokus utama, yaitu kebutuhan pasar dan kelangkaan. Kebutuhan pasar, dimana artinya, apa yang Anda tawarkan haruslah sesuatu yang dibutuhkan oleh pasar, dan memiliki nilai dan relevan dengan kondisi sekitar. Fokus kedua adalah kelangkaan, yaitu strategi dimana masuk ke pasar yang masih jarang penjual. Ingat, semakin sedikit pesaing, maka akan semakin besar kesempatan Anda untuk merangkul banyak konsumen.

Langkah 2. Target Konsumen

Ketika Anda telah menentukan gambaran bisnis online dan yakin tentang perkembangan positif di masa depan, langkah selanjutnya adalah menentukan target konsumen. Langkah kedua ini bertujuan untuk mengenali calon konsumen, dan mempermudah pemasaran Anda.

Hal yang harus diperhatikan adalah seperti apa pasar yang akan Anda masuki, dan bagaimana konsumennya, apakah disesuaikan dengan umur, tua atau muda? Apakah konsumen tersebut berasal dari kelompok menengah atas atau menengah bawah? Apakah produk Anda termasuk yang konsumen butuhkan setiap saat, atau musiman? Karena kelompok konsumen tertentu memerlukan perlakuan tertentu juga.

Langkah 3. Memperhatikan Kepuasan Konsumen

Setelah membuka bisnis online dan menentukan pasar mana, serta konsumen seperti apa yang akan Anda temui. Kini langkah selanjutnya adalah bagaimana tanggapan konsumen terhadap toko Anda tersebut.

Pastikan konsumen selalu merasa puas terhadap layanan di toko online Anda. Fokuskan pada feedback konsumen, dan jadikan bahan evaluasi untuk memberikan yang terbaik. Feedback konsumen ini bisa berupa pujian dan saran, bahkan tidak memungkiri adanya kritik.

Jika hal itu berupa pujian, maka yakinkan bahwa hal itu adalah sebagai motivasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Sementara jika hal tersebut berupa saran dan kritik, maka anggap saja hal tersebut sebagai cara untuk memperbaiki pelayanan.

Baca juga : Wajib Coba! 5 Cara Menghemat Pengeluaran Promosi Untuk Keuntungan

Langkah 4. Mengatur Keuangan

Keuangan adalah nafas dari semua bisnis. Apapun bentuk dari bisnis yang dijalani, yang paling penting adalah kemampuan untuk menjaga cash flow. Meskipun belum mencapai profit yang fantastis, setidaknya tetap pikirkan keuangan jangka panjang dari bisnis online Anda, hingga mencapai profit.

Diperlukan ketelitian selama proses bisnis berjalan, dengan memperhitungkan keuangan yang masuk akal. Jadi, setelah Anda mampu mengontrol kepuasan konsumen, sangat diwajibkan untuk memikirkan keuangan jangka panjang.

Langkah 5. Keunikan Brand

Anda kini telah mencapai keuangan yang stabil dan bisnis online mulai memiliki banyak konsumen yang datang membeli. Sekarang Anda perlu untuk melakukan inovasi pada produk, agar memiliki keunikan atau nilai lebih.

Keunikan brand  ini ditujukan agar produk Anda tidak mudah ditiru orang lain, serta menjadi alasan bagi konsumen untuk terus kembali berbelanja di toko Anda. Istilah yang menggambarkan keunikan produk adalah competitive advantage. Artinya, keunggulan produk yang unik dibandingkan kompetitor lain.

Baca juga : Pengertian Media Marketing dalam Pemasaran Digital

Berikut tadi adalah 5 dasar tips lengkap berbisnis online dari awal sampai cuan, yang perlu Anda perhatikan. Khususnya mengenai konsepnya, target konsumen, memperhatikan kepuasan konsumen, mengatur keuangan bisnis dan mengembangkan keunikan brand. Semua harus dilakukan dengan sabar dan teliti. Semoga berhasil dengan bisnis online Anda! Terima kasih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *