Rem pada suatu kendaraan bermotor khususnya mobil adalah salah satu bagian atau part yang sangat amat penting. Bagian terpenting lainnya pada komponen rem adalah minyak rem. Banyak yang menjadi penyebab minyak rem mobil tidak mau turun. Menjadi suatu hal yang amat serius jika tidak cepat disadari dan segera mencari penyebabnya.

Penyebab minyak rem mobil tidak mau turun, dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Ketika minyak rem tidak mau turun, maka akan mengakibatkan sistem pengereman tidak bekerja secara maksimal bahkan dapat menyebabkan rem blong. Tentu ini sangat membahayakan Lalu apa yang menjadi penyebab minyak rem tidak turun? Simak pembahasan berikut ini:

1.  Minyak Rem Habis

Yang pertama harus dilakukan adalah periksa minyak rem mobil. Ini adalah cara pengecekan yang harus dilakukan ketika mendapati minyak rem bermasalah. Minyak rem dapat diperiksa pada bagian dalam kap mobil. Ketika mendapati minyak rem sudah di batas garis atau di bawah garis minimum, maka atasi dengan segera isi minyak rem pada mobil.

Baca Juga: Penyebab Altenator Tidak Mengisi Aki Mobil

2.  Terjadinya Sumbatan

Minyak rem pada umumnya harus dalam kondisi bersih, begitu pula dengan tempat minyak rem itu sendiri. Hal ini bertujuan agar tidak terjadinya sumbatan pada saluran minyak rem yang mengakibatkan minyak rem tidak mau turun. Terjadinya sumbatan pada saluran minyak rem dapat disebabkan oleh partikel kotoran dan debu yang menempel karena kurangnya kebersihan mobil.

3.  Kerusakan Pada Master Rem

Master rem yang memiliki fungsi utama dalam menghasilkan tekanan dari pedal rem berubah ke tekanan hidrolis. Jika terjadi kerusakan pada komponen ini maka sudah otomatis akan mengurangi kinerja pada sistem pengereman mobil. Dari bagian master rem, ada part yang bernama seal karet. Biasanya kerusakan terdapat pada seal karet master rem mobil.

Jika seal karet rusak atau jebol, maka yang terjadi adalah minyak rem akan bocor dan menetes ke bawah. Kerusakan Ini yang mengakibatkan kenapa minyak rem tidak mau turun. Solusi untuk mengatasi kerusakan ini tentunya dengan cara mengganti dan memperbaiki master rem. Jika pada situasi genting, bisa diakali dengan menambah minyak agar bisa ke bengkel terdekat.

4.  Terjadinya Masalah Pada Mekanisme Hidrolik

Penyebab minyak rem mobil tidak mau turun yang selanjutnya yakni adanya masalah pada mekanisme hidrolik. Rem hidrolik merupakan sistem pendukung pada pengereman dengan bantuan cairan atau hydro. Faktor utama terjadinya masalah pada hidrolis adalah masuknya gelembung udara yang masuk pada sistem pengereman. Hal tersebut biasa disebut dengan “masuk angin”.

Permasalahan ini disebabkan oleh sedikitnya minyak rem yang terdapat di tabung reservoir. Ketika minyak rem yang terdapat pada tabung sangat sedikit hingga batas minimum, maka tabung reservoir akan didominasi oleh udara. Sehingga dapat mengakibatkan masuknya gelembung udara pada sistem pengereman. Untuk mengatasi hal ini, cek secara berkala kapasitas minyak rem agar selalu penuh.

5.  Kampas Rem Menipis

Kerusakan pada rem adalah menjadi penyebab sistem pengereman tidak berjalan dengan semestinya. Kampas rem adalah komponen yang berfungsi melakukan gesekan antara kampas rem dengan cakram. Pemakaian mobil yang intens akan mengakibatkan kampas rem cepat habis dan mengakibatkan minyak rem cepat terkuras. Jika tidak disadari maka minyak rem akan habis.

Kenali penyebab minyak rem mobil tidak mau turun, yang sudah dijelaskan untuk meningkatkan performa pengereman pada mobil. Lakukan pengecekan mobil secara berkala sebelum dikendarai, agar meminimalisir terjadinya kerusakan pada mobil yang mengakibatkan kecelakaan.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *