5 Cara Optimasi Bisnis Online dengan Google Ads

Table of content:
Promosi adalah langkah strategi pertama bagi pebisnis, terutama yang bergerak di bidang bisnis online atau e-market. Salah satu platform yang memudahkan pebisnis dalam melakukan kegiatan promosi adalah Google Ads. Apakah Anda termasuk pebisnis di e-market? Sudahkah Anda mencoba cara optimasi bisnis online dengan Google Ads?
Penggunaan Google Ads akan meningkatkan visibilitas merek atau brand Anda, dan memberikan hasil yang lebih cepat. Hal tersebut dapat dicapai dengan menampilkan iklan di mesin pencari Google, untuk kata kunci tertentu, yang sesuai dengan bisnis Anda. Bagi Anda yang baru, dan telah menggunakan Google Ads, pelajari cara optimasi untuk bisnis Anda seperti di bawah ini!
5 Cara Optimasi Bisnis Online dengan Google Ads
Meskipun telah memasang Google Ads, bisnis Anda mungkin kurang berkembang sesuai target. Artinya harus ada perhatian khusus, bahkan evaluasi untuk Google Ads Anda. Maka dari itu, berikut ini ada 5 cara optimasi bisnis online dengan Google Ads.
Baca juga : Jenis-jenis Iklan Facebook Yang Perlu Untuk Bisnis Anda
1. Penggunaan Keyword yang Tepat
Pertama-tama yang harus Anda lakukan dalam optimasi Google Ads adalah penggunaan kata kunci atau keyword di dalamnya. Hal ini karena Google akan menampilkan iklan sesuai keyword yang dicari pengguna.
Maka keyword yang harus digunakan adalah keyword atau kata kunci yang paling sering digunakan, terkait bisnis online Anda. Apabila Anda masih pemula dalam Google Ads, sangat bijak jika melakukan riset terlebih dulu untuk menemukan keyword atau kata kunci yang tepat, sesuai bisnis online Anda.
2. Penyesuaian Iklan dengan Landing Page
Sebelumnya, perlu diketahui bahwa landing page merupakan halaman khusus yang menjadi tujuan pengguna. Dimana landing page ini akan diisi dengan informasi secara detail dan spesifik, tentang produk, service, penawaran, dll. Anda pasti pernah membuka sebuah iklan di sebuah website dan jendela baru terbuka. Itulah yang dinamakan landing page.
Anda harus membuat iklan, dimana jika dibuka, maka informasi produk yang keluar pada landing page sama dengan yang diiklankan. Karena tentunya, ini akan mempermudah calon pelanggan dalam menentukan pilihan selanjutnya. Jika semakin mudah, maka akan semakin yakin untuk membeli.
Baca juga : 5 Tips SEO Woocommerce untuk Bisnis
3. Buatlah Iklan yang Lebih Mobile Friendly
Pengguna internet tidak hanya menikmati melalui PC saja. Faktanya, sekarang ini hampir semua orang mengakses internet melalui ponsel mereka. Ambil kesempatan ini dengan membuat iklan yang mobile friendly. Maksudnya, sebuah iklan dengan menyesuaikan tampilan ponsel.
Iklan yang hanya didesain untuk PC, ketika dibuka melalui ponsel, tampilannya akan menutupi hampir seluruh layar ponsel, dan jelas akan mengganggu. Maka, hal-hal seperti pemilihan default, sangat penting dilakukan untuk iklan yang lebih mobile friendly.
4. Lakukan A/B Testing
A/B testing dinilai sangat manjur untuk optimasi pengiklanan pada Google Ads. Tes ini dilakukan dengan memasang lebih dari satu, biasanya hanya dua tampilan untuk iklan bisnis Anda. A/B testing dapat dilakukan secara bertahap, atau satu per-satu. Dimulai dari desain iklan, copywriting, bidding, hingga landing page, atau melakukan sekaligus, yang mencakup seluruh iklan.
Baca juga : Cara Optimasi Toko Online dengan Facebook Ads
5. Sesuaikan dengan Target Lokasi
Salah satu cara optimasi iklan di Google Adwords yang pertama dalam aturan campaign adalah memilih negara serta bahasa. Jika dalam konteks bisnis online Anda, adalah bisnis lokal, maka Anda dapat memilih negara dan bahasa Indonesia.
Karena Indonesia belum memiliki akses, seperti menambahkan nama kota dan zip code, maka Anda dapat menambahkan nama kota pada keyword, atau kata kunci Anda. Sebagai contoh, toko sepatu murah Semarang.
Baca juga : Ketahui Apa Itu Blog Marketing Dan Juga Keunggulannya
Ulasan di atas adalah 5 cara optimasi bisnis online dengan Google Ads, yaitu penggunaan keyword yang tepat, penyesuaian iklan dengan landing page, membuat iklan lebih mobile friendly, melakukan A/B testing dan menyesuaikan target lokasi. Kini, 5 cara tersebut dapat diterapkan pada iklan bisnis online Anda. Semoga informasi diatas dapat membantu!