Dewasa ini segala dokumen dengan format PDF menjadi suatu kebutuhan vital bagi para masyarakat. Namun, terkadang terdapat masalah yang cukup sering terjadi, yaitu tidak dapat dibukanya file PDF yang ada di laptop atau HP pengguna. Ada 5 (lima) cara membuka file PDF yang tidak bisa dibuka yang bisa dicoba.

Dua faktor yang membuat sulit dibukanya dokumen PDF, yaitu file PDF tersebut corrupt atau memang PDF reader yang sedang bermasalah. Cara yang direkomendasikan tentu sangat mudah dan tidak memerlukan biaya atau waktu yang lama untuk memperbaiki file PDF yang sulit untuk dibuka ataupun rusak.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Kartu SD Yang Tidak Terbaca, Pengguna Wajib Tahu

1. Update Aplikasi Adobe Reader

Salah satu alasan mengapa file PDF sulit dibuka adalah aplikasi PDF reader yang belum ter-update. Melakukan update aplikasi juga dapat menjadi salah satu langkah agar aplikasi dapat berjalan secara optimal. Pengguna harus cukup rutin memeriksa menu “Check for Updates” yang terdapat pada aplikasi Adobe Reader.

Setelah PDF Adobe Reader sudah berhasil ter-update, pengguna dapat lakukan restart pada laptop atau PC masing-masing. Lalu, lakukan kembali langkah membuka file PDF dengan menggunakan Adobe Reader. Jika file PDF dapat terbuka, maka masalah ada pada aplikasi untuk membuka file PDF yang belum ter-update.

2. Ubah Pengaturan PDF Adobe Reader

Apabila pengguna tidak berhasil membuka file PDF dengan cara sebelumnya. Coba gunakan cara mengubah pengaturan pada aplikasi Adobe Reader. Biasanya, tanpa sepengetahuan pengguan, PDF Adobe Reader sudah otomatis mengaktifkan fitur “Protected Mode”, maka dari itu sudah sebaiknya pengguna mengubah fitur ini. Tahapan yang dapat diikuti adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Adobe Reader di laptop atau PC pengguna.
  • Pilih menu “Edit”, lalu klik opsi “Preferences”.
  • Pilih “Security (Enhanced)”.
  • Hapus centang pada box “Enable Protected Mode at startup”.
  • Selesai.

Setelah melakukan kelima langkah tersebut, pengguna lebih baik mencoba untuk menutup file dan membukanya kembali dengan aplikasi yang sama. Cara tersebut cukup efektif untuk mengatasi kesulitan membuka file PDF yang sedang dialami.

3. Unduh Aplikasi PDF Repair

Selanjutnya, pengguna dapat menggunakan PDF Repair untuk cara membuka file PDF yang tidak bisa dibuka. Pengguna dapat mengunduh langsung aplikasinya atau juga menggunakan browser. Berikut cara-cara yang dapat dicoba:

  • Unduh dan pasang aplikasi PDF Repair.
  • Pilih opsi “Add File” dan masukkan file PDF yang sulit dibuka.
  • Klik “Repair”.
  • Simpan file PDF dengan klik “Save Repaired Files.”

Jika, pengguna menggunakan browser, cara yang harus dilakukan tidak berbeda jauh. Pertama, akses situs www.ilovepdf.com/repair-pdf, lalu klik opsi “Select PDF”. Selanjutnya, setelah pengguna memilih file PDF yang sulit dibuka, klik opsi “Repair PDF”, dan selesaikan prosesnya. File PDF yang berhasil diperbaiki akan tersimpan di laptop masing-masing.

4. Gunakan Browser Untuk Membuka PDF

Alternatif cara selanjutnya adalah membuka file PDF menggunakan browser. Cara ini cukup mudah diikuti dan pengguna juga dapat memilih browser apa saja yang ingin digunakan untuk membuka file PDF. Pertama, klik kanan pada mouse pengguna dan pilih opsi “Open With”. Lalu, terdapat pilihan Google Chrome atau Microsoft Edge, dan pengguna dapat memilih salah satu. Maka, browser akan menampilkan file PDF pengguna.

5. Pilih Aplikasi PDF Reader Lain

Cara terakhir yang dapat ditempuh adalah memilih aplikasi PDF reader lain selain PDF Adobe Reader. Tidak dapat dipungkiri bahwa PDF Adobe Reader menjadi pilihan utama para pengguna untuk membuka file PDF pentingnya. Namun, ternyata banyak sekali alternatif aplikasi PDF reader lain yang tidak kalah bagus.

Pengguna dapat mencoba 5 (lima) cara membuka file PDF yang tidak bisa dibuka. Agar terhindar dari masalah berlebih yang datang di masa depan. Namun, perlu diketahui dan pahami, pengguna harus memastikan bahwa file PDF yang tidak bisa dibuka tidak corrupt.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *