5 Alasan Pentingnya CRM pada Digital Marketing

WhatsApp CRM

Digital marketing merupakan kegiatan memasarkan produk maupun layanan melalui media digital seperti pesan singkat, website, mesin pencari, hingga media sosial. Jika dilihat dari segi konten, pemasaran dengan cara ini tidak ada perbedaan, hanya medianya saja yang berbeda. Namun, adanya media digital memudahkan bisnis untuk menjangkau target pasar yang lebih luas. Disamping itu, penggunaan CRM dalam digital marketing juga kian populer. 

Salah satu pengaplikasian sistem pengelolaan data pelanggan dalam digital marketing yang populer saat ini yaitu Whatsapp CRM. Inovasi ini merupakan sistem pengolahan data pelanggan dalam pemasaran yang diintegrasikan dengan aplikasi pesan singkat Whatsapp. Dengan fitur personalisasi pesan yang ada di dalamnya, pelanggan dapat menerima kampanye yang sesuai dengan preferensinya. 

Penggunaan CRM dalam pemasaran digital

Penggunaan CRM dalam pemasaran digital bukanlah hal yang baru diterapkan kemarin. Meski sebelumnya semua dilaksanakan secara manual, kini penggunaannya untuk pemasaran digital kian memudahkan. Dengan sistem yang serba otomatis, customer relationship management berkembang menciptakan bisnis yang berpusat pada keinginan serta kebutuhan pelanggan.

Berikut beberapa fungsi CRM dalam pemasaran digital:

  • CRM dalam digital marketing sebagai alat penyusun strategi yang efektif.

  • Platform CRM dapat menjadi media komunikasi utama dalam bisnis.

  • Berfungsi sebagai alat analisa data pelanggan secara akurat.

  • Mendeteksi dan menyimpan data pelanggan sesuai kebijakan privasi.

  • Sebagai alat yang mampu menganalisa interaksi pelanggan dengan bisnis.

baca juga: Satrio Dwi Ananda, Pebisnis Aktif Berikan Edukasi Tentang Arsitektur di Media Sosial

Mengapa CRM Penting dalam Digital Marketing?

Dengan melihat fungsi yang dimiliki CRM, dapat disimpulkan bahwa mengelola hubungan pelanggan merupakan langkah yang wajib dipertimbangkan oleh bisnis. Selanjutnya, mari kita bahasa bersama alasan mengapa CRM merupakan aspek penting yang wajib diterapkan oleh bisnis.

1. Meningkatkan retensi pelanggan

Retensi pelanggan merupakan kemampuan perusahaan dalam memikat prospek atau lead menjadi pembeli atau pelanggan. Hal ini juga berkaitan dengan kemampuan bisnis dalam bersaing dengan kompetitornya. Retensi pelanggan yang tinggi ditandai dengan tingginya loyalitas pelanggan terhadap produk serta layanan yang memenuhi preferensi pelanggan.

Dalam digital marketing, CRM merupakan sistem berbasis data yang mampu berfungsi sebagai penyimpanan kontak pelanggan maupun manajemen tugas agen pelayanan. Aspek-aspek tersebut tentu dapat mempengaruhi proses bisnis untuk meningkatkan retensi pelanggan. Misalnya, CRM menjadi sistem yang mampu membantu bisnis untuk menyediakan pengalaman yang baik serta konten pemasaran yang relevan kepada pelanggan. 

2. Meningkatkan penjualan

CRM dalam digital marketing mampu meningkatkan penjualan, hal ini dikarenakan sistem ini mampu mendeteksi macam-macam prospek yang berpotensi untuk melakukan penjualan. Dengan adanya sistem pengelolaan hubungan pelanggan, bisnis dapat mengenali target audiens yang sesuai dengan citra bisnis. 

Dengan CRM, bisnis juga dapat mengelompokkan prospek berdasarkan beberapa kategori. Misalnya, untuk pelanggan yang hanya menanyakan spesifikasi tertentu dari sebuah produk, mereka dapat dikategorikan sebagai prospek dengan kemungkinan yang lebih rendah. Sebaliknya, pelanggan yang menanyakan metode pembayaran atau pengiriman dapat dikategorikan sebagai pelanggan dengan kemungkinan konversi penjualan yang tinggi. 

3. Memperkuat brand loyalty

Loyalitas pelanggan terhadap brand dipengaruhi oleh kualitas pelayanan maupun produk yang dimiliki bisnis. Semakin bisnis memikirkan pelanggannya, maka semakin tinggi hubungan emosional yang terbangun di antara keduanya. Hubungan emosional ini dapat terwujud dengan adanya pengelolaan hubungan yang baik. Platform CRM Whatsapp merupakan salah satu yang memberikan peran signifikan.

Salah satu inovasi dari solusi bisnis yang menawarkan kemudahan untuk mengelola hubungan pelanggan melalui aplikasi pesan singkat. Kombinasi antara keduanya bersinergi dalam menciptakan keterikatan emosi konsumen terhadap bisnis. Penggunaannya kerap kali dimanfaatkan sebagai layanan konsumen yang dapat diakses melalui mobil sehingga lebih terjangkau.

Dengan proses komunikasi yang mudah ini, pelanggan akan jauh lebih empatik terhadap bisnis dan tidak ragu untuk menaruh kepercayaan mereka.

baca juga: GC Logistik Siap Berperan Maksimal di Era Digital

4. Penyesuaian strategi pemasaran

Kemampuan analisa data dalam platform CRM menyajikan data yang akurat secara langsung. Sehingga, alat ini mampu menunjang kinerja tim pemasaran dalam memprediksikan strategi yang tepat sesuai dengan target yang ingin dicapai. Selain itu, fitur analisa data yang dimiliki sistem ini juga mampu menjadi tolok ukur bagi bisnis dalam menilai performa strategi pemasaran sebelumnya.

Dengan adanya CRM, tak hanya hubungan antara bisnis dengan pelanggan saja yang terjaga, namun juga, menyusun strategi untuk mencapai target serta tujuan yang diharapkan. 

5. Meningkatkan pengalaman pelanggan

Alasan terakhir mengapa pengelolaan hubungan pelanggan penting bagi bisnis adalah karena eratnya hubungan antara CRM dengan pengalaman pelanggan. Dalam menciptakan pengalaman yang berharga, bisnis perlu memahami bagaimana harapan pelanggan terhadap produk serta layanan yang mereka butuhkan. Sehingga penting bagi bisnis untuk memantau penilaian pembeli melalui analisa yang tersedia pada CRM. 

Selain itu, fitur chatbot yang dapat diintegrasikan dengan customer relationship management dapat memberikan fasilitas komunikasi yang responsif kepada pelanggan. Chatbot dalam pemasaran digital dapat memikat pelanggan dengan perannya sebagai virtual assistant yang dapat menyuguhkan katalog serta rekomendasi produk kepada pelanggan. 

Customer Relationship Management memang berperan penting dalam strategi pemasaran digital. Melalui CRM, perusahaan dapat meningkatkan retensi pelanggan, meningkatkan konversi penjualan, memperkuat loyalitas, serta menyesuaikan strategi pemasaran secara efektif. 

Meskipun implementasinya dalam pemasaran digital kemungkinan menghadapi tantangan, manfaat yang didapat jauh lebih besar. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk mempertimbangkan peran alat pengelolaan data konsumen dalam strategi pemasaran mereka guna memaksimalkan pengalaman pelanggan dan meningkatkan hasil bisnis secara keseluruhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *