Saat ini teknik SEO menjadi skill wajib yang harus dipelajari oleh tiap digital creator. Nah salah satunya adalah teknik Yoast SEO yang merupakan bagian dari plugin WordPress. Lalu, bagaimana cara setting Yoast SEO?

Cara setting Yoast SEO cukup mudah. Anda hanya perlu mempelajari beberapa hal dan konsisten menggunakannya saja ! Maka dari itu, simak artikel ini sampai selesai, ya !

Bagaimana Cara Setting Yoast SEO Yang Benar?

Sebenarnya cara setting Yoast SEO sangat mudah. Hanya saja, cara-cara ini memang cenderung belum diketahui banyak orang kecuali oleh para pakar SEO! Namun, Anda tetap dapat mempelajarinya dengan singkat dan mudah. Silahkan simak penjelasan berikut ini, ya !

Baca juga : Apa Itu AIDA? Simak Penjelasan Lengkapnya Berikut Ini

1.    Aktifkan Advanced Settings Pages

Pertama, untuk dapat memakai fitur-fitur yang dimiliki SEO Yoast, Anda harus mengaktifkan Advanced settings pages. Caranya sebagai berikut :

  • Silahkan pilih tab Features > lalu klik Enabled pada Advanced settings pages.
  • Selanjutnya klik Save changes, dan Anda akan menemukan beberapa menu baru pada menu SEO, seperti Titles & Metas, Social, XML Sitemaps, Advanced, Tools, dan Search Console
  • Menggunakan Tambahan Code Tracking pada Webmaster Tools

Selain itu Anda juga bisa menggunakan Webmaster Tools yang digunakan untuk melihat insight dan data website Anda. Cara memakainya cukup mudah ! Anda hanya perlu menuliskan tracking code pada website atau bisa juga dengan mengunggah file dari webmaster ke hosting website.

2.    Setting Titles dan Meta

Cara Setting Yoast SEO berikutnya adalah dengan mengatur menu Titles & Meta pada fitur baru yang muncul setelah melakukan aktivasi Advanced setting pages.

Baca juga : 5+ Tips Bisnis agar Pelanggan Repeat Order dengan Mudah!

Pada bagian ini terdapat terdapat menu Archives, General, Post Types, Homepage, Taxonomies, dan Others. Jadi, silahkan Anda pilih fitur-fitur tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda terhadap setting SEO.

3.    XML Sitemaps

XML Sitemaps merupakan salah satu bagian paling penting untuk optimalisasi sebuah website WordPress. XML Sitemaps akan mempermudah search engine untuk mengindeks konten yang Anda upload. Caranya juga sangat mudah. Silahkan mengikuti steps-steps dibawah ini, ya !

  • Silahkan aktivasi dengan klik menu XML Sitemaps > Lalu klik Enabled > Kemudian klik Save changes
  • Selanjutnya Klik tab User sitemap > Disabled
  • Setelah itu pilih bagian fitur konten pada tab Post Types yang tidak ingin ditampilkan, terakhir klik Save changes

4.    Search Console

Menu ini memberikan fasilitas untuk melakukan verifikasi website ke Google Webmaster Tools (Google Search Console). Cara melakukannya sangat mudah ! Anda hanya perlu mengikuti cara-cara  berikut:

  • Pertama silahkan Klik tombol Get Google Authorization Code
  • Selanjutnya tambahkan pada kolom yang ada
  • Lalu klik Authenticate dan selesai

Baca juga : Fitur-fitur Yoast SEO Yang Perlu Anda Ketahui

Yoast SEO akan membantu situs Anda untuk memenuhi standar teknis terbaik SEO. Yoast SEO dapat Anda gunakan untuk menyusun atau membuat konten SEO dengan struktur yang akurat. Artikel yang menggunakan Yoast SEO akan memiliki tingkat keterbacaan yang tinggi. Jadi, fungsi Yoast SEO mudahnya adalah untuk meningkatkan traffic website yang dilihat dari sisi SEO On Page.

Itulah cara setting Yoast SEO dengan mudah. Meskipun ada lima cara, namun Anda bisa memilih

Baca Juga : Mengenal Lebih Jauh Tentang Hosting, Fungsi dan Pengertiannya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *