Pengendara Bawah Umar : Problem Sosial dan Hukum

INDONESIASATU.CO.ID:

JAKARTA--Sering kita jumpai anak-anak di bawah umur mengendarai sepeda motor. Bahkan,  mereka tidak sekadar naik motor sendiri tapi berboncengan lebih dari 2 orang dan berkendara melawan arus. Apakah hal ini sesuatu yang lumrah dalam keseharian.

Menanggapi masalah ini, pengamat transportasi Budiyanto, menyatakan anak dibawah umur dari aspek kejiwaan memiliki sifat labil mengendalikan emosionalnya bisa membahayakan dirinya sendiri maupun orang lain. Apalagi pada saat dihadapkan pada permasalahan yang secara rasional mungkin belum mampu untuk mencari jalan keluar.

”Ini problem sosial dan hukum yang perlu mendapatkan perhatian bersama karena masyarakat melihat secara kasat mata namun seakan-akan  menjustifikasi atau melakukan pembenaran dengan alasan efesiensi mobilitas ke sekolah, pasar, mall dan sebagainya tanpa memperhitungkan resiko yang akan terjadi” Kata Budiyanto, di Jakarta, Senin (13/5).

Lebih lanjut Ia menyatakan dari hasil analisa dan evaluasi bahwa kejadian kecelakaan lalu lintas diawali dari pelanggaran lalu lintas dan angkutan jalan.

Melihat situasi seperti ini seharusnya kita terdorong untuk melakukan pengendalian untuk mencegah penyimpangan sosial dan mengarahkan masyarakat berperilaku sesuai norma dan nilai yang berlaku dengan harapan mampu meluruskan anggota maayarakat yang berperilaku menyimpang.

Dari aspek hukum, anak dibawah umur sebenarnya belum diizinkan untuk mengendarai sepeda motor karena salah satu persyaratan legal formalnya harus memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) minimal berusia  17 tahun.

”Merupakan pelanggaran hukum dari aspek keselamatan, cukup rentan terhadap resiko kecelakaan lalu lintas” ujar pengamat transportasi.

Data Polda metro Jaya menyebutkan bahwa penyumbang terbesar kendaraan yang terlibat kecelakaan adalah sepeda motor. Ketentuan pidana pelanggaran lalu lintas dan Kecelakaan lalu lintas sudah diatur dalam Undang- Undang No 22 tahun 2009 tentang Lalu lintas dan angkutan Jalan.

 

  • Whatsapp

Index Berita