Bamus Betawi mengadakan kegiatan Festival Kuliner Betawi Untuk Melestarikan Kebudayaan Betawi

rikafitri, 01 Dec 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

Jakarta - Demi menambah kecintaan dan pengetahuan warga Jakarta terhadap kuliner Betawi., Badan Musyawarah (Bamus ) Betawi mengadakan kegiatan "festival kuliner Betawi" guna memperkenalkan kuliner Betawi yang ada dan nantinya ini juga akan menjadi festival tahunan.

Festival kuliner Betawi digelar dari tanggal 29 november sampai 1 Desember 2019 di ITC Permata Hijau Kebayoran Lama,Jakarta Selatan. Festival ini menampilkan ;Kuliner Khas Betawi lima wilayah kota Jakarta, fashion Show Batik Betawi,Lomba mewarnai Batik Betawi tingkat SD, Senam pagi bersama artis Ibukota, Palang Pintu tarian Betawi gambang kromong band betawi dan bazzar.

Hj. Abraham Lunggana (Lulung) selaku Ketua Umum Bamus Betawi sekaligus anggota DPR RI mengatakan ;" Kita melakukan kegiatan ini sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2015, tentang Pelestarian Kebudayaan Betawi", ujar Hj Lulung yang ditemui oleh para wartawan sesuai acara berakhri di ITC Permata Hijau Kebayoran Lama,Jakarta Selatan, Minggu(1/12/2019).

Tentu saja dengan adanya Perda Nomor 4 tahun 2015, hal ini menjadi konsen terhadap perkembangan budaya Betawi yang ada di Jakarta dan sebagaimana kita ketahui bahwa kita disini tidak bisa menghindari Jakarta sebagai kota urban karena banyaknya dari budaya lain yang berdatangan masuk ke Jakarta , kata Hj. Lulung.

Untuk itulah kita sebagai Bamus Betawi wajib mempertahankan kebudayaan kita sendiri dan wajib menyelaraskan dengan kebudayaan lain karena kita tidak bisa menghindari itu, kita juga tidak akan berhenti menyelenggarakan ini secara terus menerus dan mall sudah menjadi bagian dari program yang menyelenggarakan ini, katanya kembali.

Disini  kami memperlukan dukungan untuk kegiatan kami ini dan kegiatan ini juga di bantu oleh media massa sebagai ujung tombak untuk sosialisasi dan informasi Ke masyarakat.

Di kegiatan hari ini ada kuliner, Kesenian dan masih banyak lagi kegiatan Betawi yang sudah kita laksanakan dengan baik dari kemarin sampai hari ini , tentukan  semua ini juga atas kerjasama dengan ITC Permata hijau dan seterusnya kita berharap bisa bekerjasama dengan mall - mall lain untuk mengsosialisasikan apa saja yang menjadi keingingan kita dalam melestarikan budaya betawi, ungkap Hj. Lulung.

Disisi lain, Rachmat HS selaku wakil ketua umum Bamus Betawi mengatakan ;" Bahwa kegiatan Festival Kuliner Betawi ini juga merupakan wujud dari perda no 4 tahun 2015 maka dengan diadakan kegiatan ini ditempat keramaian berarti kita telah melakukan kegiatan sosialisasi budaya supaya masyarakat betawi tahu kebudayaan betawi dari kuliner sampai kesenian dan kegiatan ini akan hidup terus sepanjang masa, tutur Rachmat.(RK)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu