Anies Mengklaim Genangan Air di Beberapa Titik Jakarta Sudah Surut

heriyoko, 08 Feb 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

JAKARTA--Banjir telah menggenang lebih dari 15 titik di Jakarta dengan ketinggian air bervariasi. Sedangkan salah satu kawasan yang terparah diterjang banjir di RT 011 RW 05, Kelurahan Cawang, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, ketinggian air 1 hingga 1,5 meter sehingga perlu dilakukan evakuasi. Selain itu, sejumlah jalan di ibukota tergenang air. Akibatnya, lalu lintas di beberapa titik yang tergenang air harus dialihkan.

”Banjir di beberapa titik wilayah Jakarta, sudah surut” ujar Gubernur Anies Baswedan di kawasan Glodok, Jakarta Barat, Sabtu (8/2/2020).

Menurut Anies, saat ini jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang memantau penurunan muka air laut agar air sungai dapat dialirkan ke laut.

Anies menjelaskan bahwa curah hujan yang mengguyur Jakarta cukup tinggi sejak Sabtu dini hari menjadi penyebab banjir. Selain itu, Jumat (7/2/2020) pukul 16.00 WIB, ketinggian air di Bendung Katulampa meningkat terus dan mencapai puncaknya pada pukul 22.00 WIB sehingga pada malam, status Bendung Katulampa naik menjadi Siaga 3 (Waspada).

“Seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta mengabarkan ke kampung-kampung sepanjang bantaran sungai untuk bersiaga dan mengantisipasi apabila terjadi genangan, sehingga dapat dengan cepat teratasi. Petugas, pompa mobil, dan pemadam kebakaran disiapkan untuk wilayah yang sempat tergenang”. tutur Anies.

Upaya lainnya yang dilakukan dalam mengantisipasi banjir. Sejak tengah malam, tim UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI mulai berjaga dengan semua alat berat untuk membersihkan sampah-sampah yang terbawa aliran sungai masuk ke Jakarta dan ditahan di Pintu Air Manggarai. (hy)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu